Bangkalan (ANTARA News) - Ratusan kendaraan roda empat maupun roda dua berjalan merambat di pintu keluar jalan akses Suramadu sisi Madura, Kampung Tangkel, Desa Burneh, Kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Minggu hingga sepanjang 2 kilometer.

Kendaraan tersebut hendak menuju ke kawasan kota Bangkalan. Mereka terjebak kemacetan karena banyaknya kendaraan dari Surabaya yang melintas di jembatan Suramadu.

Koordinator pengamanan Jembatan Suramadu sisi Madura, Ipda Rivai, mengakui kemacetan itu disebabkan volume kendaraan dari arah Surabaya meningkat.

"Soalnya kendaraan padat. Baik dari arah Timur yang hendak menuju Bangkalan ataupun kendaraan yang datang dari Surabaya," katanya.

Menurut seorang pengemudi mobil, Sulton, mengemukakan arus lalu lintas di jembatan Suramadu justru lancar.

"Dari Jembatan Suramadunya lancar, tapi ketika sampai di jalan akses keluar di Desa Burneh ini terjebak macet. Banyak sekali kendaraan disitu," katanya.

Menurut Sulton, waktu normal yang dibutuhkan dari jalan keluar akses jembatan Suramadu sisi Madura ke kota hanya 20 menit.

"Sekarang sudah 15 menit saya masih di kaki jembatan Suramadu belum bisa keluar dari sini," katanya.

Menurut Ipda Rivai, banyak kendaraan bermotor di kaki Suramadu karena hari Minggu yang merupakan hari libur.

Dia mengatakan, sebelumnya kendaraan yang melintas di akses pintu masuk Suramadu, baik yang akan melintas di jembatan ataupun kendaraan yang akan menuju Kota Bangkalan, lancar.

"Kemungkinan, nanti sore, baru bisa normal kembali. Soalnya sekarang ini kan banyak yang berlibur," katanya. (*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009