ACT dan TNI AL siap distribusikan enam ton beras

ACT dan TNI AL siap distribusikan enam ton beras

Presiden ACT Ibnu Khajar (kiri) menyerahkan bantuan beras secara simbolis ke korps Marinir TNI AL. (ANTARA/Humas ACT)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Korps Marinir TNI Angkatan Laut (AL) berkolaborasi siap mendistribusikan enam ton beras untuk membantu masyarakat terdampak COVID-19.

"Penyerahan beras kepada Korps Marinir TNI AL adalah bagian dari rangkaian program Operasi Pangan Gratis yang telah dijalankan ACT, beberapa waktu lalu, untuk merespons dampak COVID-19 dari sisi pangan," kata Presiden ACT Ibnu Khajar melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan kolaborasi tersebut juga merupakan rangkaian dari kerja sama ACT bersama TNI yang sempat mendistribusikan 1.000 ton beras untuk daerah Jabodetabek, beberapa waktu lalu.

"Setelah sebelumnya bekerja sama dengan Kodam, akhirnya hari ini bisa silaturahmi ke Korps Marinir dan langsung bersama Bapak Komandan Korps Marinir bisa mengadakan acara seremonial untuk serah terima bantuan," ujar dia.

Melalui program tersebut, ACT menargetkan bantuan dapat sampai kepada masyarakat yang ekonominya terdampak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Baca juga: ACT perluas distribusi makanan di tengah pandemi COVID-19

Di antaranya pekerja harian dan berbagai pekerja serabutan atau masyarakat akar rumput lainnya. Terlebih, mulai 24 April, Bulan Ramadan sudah tiba.

"Alhamdulilah, hari ini adalah acara yang tepat karena besok sudah bertemu dengan Ramadan," katanya.

Baca juga: ACT dorong kolaborasi untuk penuhi pangan masyarakat prasejahtera

Sementara itu, Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) mengapresiasi semangat berbagi dari ACT. Hal tersebut sejalan dengan program Marinir TNI AL, yakni "Marinir Peduli, Marinir Berbagi" yang telah diinisasi sejak awal pandemi COVID-19 merebak.

"Awal-awal wabah COVID-19 ini merebak, kami menginisiasi, mulai dari pembagian masker, pembagian sarung tangan, serta sembako dari internal kami," ujar dia.

Baca juga: COVID-19, TNI-ACT gelar operasi pangan gratis kepada masyarakat

Sejauh ini Marinir TNI AL telah menyurvei titik-titik lokasi dan akan menentukan lokasi distribusi bantuan. Suhartono optimis bantuan-bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19.

"Minimal bisa meringankan kesulitan mereka dalam hal penyiapan sembako," katanya.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Masuki M. Astro
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Aceh sumbang 1000 ton beras ke Suriah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar