Bandung,(ANTARA News) - Calon Wakil Presiden Wiranto menegaskan, pemerintah agarmengganti alat utama sistem senjata (alutsista) TNI yang sudah bobrok karena banyak prajurit TNI yang ragu-ragu menggunakannya, apalagi sudah banyak prajurit yang gugur akibat kerusakan alutsista.

"Banyak prajurit yang ragu menggunakan alutsista tersebut karena sudah keropos. Karena itu, pemerintah harus mengganti alutsista tersebut," katanya di Bandung, Selasa, di sela-sela kunjungannya ke Gedung Indonesia Menggugat.

Gedung Indonesia Menggugat pada tahun 1930 telah digunakan oleh pemerintah Belanda untuk mengadili Bung Karno, yang dianggap ingin mengusir Belanda.

Dalam pidato pembelaanya, Bung Karno menegaskan, kaum penjajah Belanda harus diusir secepatnya dari tanah air.

Wiranto, yang merupakan mantan Meko Polhukam menegaskan, dirinya merasa sangat prihatin terhadap sering usangnya berbagai peralatan miliik TNI.

Baru-baru ini sebuah helikopter Puma jatuh di Lapangan Udara Atang Senjaya, Bogor yang mengakibatkan beberapa prajurit TNI AD gugur.

Sebelumnya, sebuah pesawat TNI AU jatuh di Jawa Timur, sehingga hampir 100 prajurit TNI AU beserta anggota keluarganya meninggal dunia. Kecelakaan sejenis baru-baru ini juga terjadi di Bandung ketika sebuah pesawat Foker milik TNI jatuh di Bandung.

"Kalau pak Jusuf Kalla dan saya terpilih sebagai presiden dan wakil presiden mendatang, Insya Allah kami akan membeli alutsista bagi TNI," ujarnya.(*)


Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009