Pandemi COVID-19, Siswa SMP Athirah Bone rilis "Ensiklopedi Prestasi"

Pandemi COVID-19, Siswa SMP Athirah Bone rilis "Ensiklopedi Prestasi"

Ilustrasi. Buku Ensiklopedi Prestasi berhasil dibuat oleh Siswa SMP Islam Athirah Bone di tengah pandemi COVID-19. ANTARA Foto/Humas Athirah

Menerbitkan sebuah buku bukanlah sebuah perkara mudah
Makassar (ANTARA) - Siswa dan siswi SMP Islam Athirah Bone menunjukkan konsistensinya dalam berliterasi dengan kembali merilis buku bertajuk “Ensiklopedi Prestasi” di tengah suasana Learning From Home (belajar dari rumah) karena pandemi COVID 19.

“Ini merupakan sebuah prestasi yang membanggakan. Anak-anak mampu menulis dan menghasilkan karya yang baik. Menularkan semangat dan motivasi kepada seluruh pembacanya," kata Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Bone, Syamsul Bahri lewat keterangan resminya di Makassar, Sabtu.

Angkatan VII SMP Islam Athirah Bone untuk ketiga kalinya berhasil membuat buku biografi motivasi sebanyak 480 halaman yang ditulis oleh 38 siswa kelas IX Angkatan VII.

Buku Ensiklopedi merupakan karya siswa dan siswi SMP Islam Athirah Bone yang hampir 70 persen siswanya merupakan penerima beasiswa educare Yayasan Kalla Grup.

Buku ini berisi rekam jejak alumni berprestasi yang kini berada di beberapa negara di dunia seperti, Saudi Arabia, Mesir, Dubai, Turki, Amerika Serikat. Serta alumni yang menuntut ilmu di beberapa universitas terkemukan seperti ITB, UI, UGM, Unhas, dengan prestasi yang sangat membanggakan.

Baca juga: Siswa SMA Athirah ajak masyarakat berdonasi untuk pekerja informal

Baca juga: Antisipasi COVID-19, sekolah di Makassar meniadakan salaman


"Menerbitkan sebuah buku bukanlah sebuah perkara mudah dan anak-anak mampu mewujudkannya. Ini luar biasa,” kata Syamril mengapresiasi.

38 siswa tersebut berhasil merangkum dan menulis kisah perjalanan hidup para alumni yang saat ini sukses menjalani pendidikan di beberapa universitas terbaik di Indonesia melalui bimbingan semua guru mata pelajaran.

Narasi perjuangan setiap alumni yang berprestasi juga berhasil direkam dan dikumpulkan menjadi sebuah buku dengan penuh cerita motivasi dan inspirasi.

"Pada buku tersebut, juga dituliskan kisah beberapa alumni yang saat ini masih menempuh pendidikan dan berkarier di luar negeri sebagai motivasi bagi siapa saja," ujarnya.

Syamril mengemukakan penyusunan artikel itu merupakan program wajib yang harus dipenuhi oleh siswa kelas akhir di SMP Islam Athirah Bone. Meski dalam kondisi pandemi COVID-19, siswanya berhasil menyelesaikan penyusunan buku itu dalam kurun waktu empat bulan.

"Buku ini bukan hanya untuk internal saja, tetapi juga bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Untuk mendapatkannya bisa melalui layanan pesan di No WA 082396740190," kata Syamril.

Baca juga: Vidio tayangkan gratis "Athirah", "3 Srikandi", rayakan Hari Kartini
 

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Hobi budi daya kaktus mini hasilkan pundi di tengah pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar