Seoul (ANTARA News/Reuters) - Korea Selatan dan Iran bermain imbang 1-1 dalam kualifikasi Piala Dunia, di Seoul, Rabu, yang memupuskan harapan negara Timur Tengah itu untuk lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia 2010.

Korea Selatan sebelumnya sudah memastikan tempat di Afrika Selatan.

Iran mengantongi nilai yang sama di Grup Dua Zona Asia bersama Korea Utara dan Arab Saudi, yang akan bertanding Rabu petang, dan mengharapkan Arab Saudi kalah untuk bisa merebut tempat playoff.

Iran unggul lebih dulu melalui gol bunuh diri pada menit ke-51 dari pemain Korea Selatan Kim Dong-jin, yang mengawal ketat pemain Iran Masoud Shojaei. Kim terbentur bola dari umpan silang yang menggelincir ke gawang Korsel tanpa bisa dicegah penjaga gawang Lee Woon-jae.

Korea Selatan menyamakan kedudukan dengan gol yang sangat bagus dari Park Ji-sung. Pemain tengah Manchester United itu menyambut umpan pendek Lee Keun-ho, mengalahkan seorang pemain belakang, dan melepaskan tembakan kaki kiri yang masuk ke gawang pada menit ke-81.

Iran, menempati posisi keempat dalam klasemen sebelum pertandingan itu, sebelumnya membutuhkan kemenangan atas Korsel dan berharap Korea Utara dan Arab Saudi bermain imbang, untuk bisa merebut tempat kedua yang lolos secara otomatis.

Korea Selatan akan bermain untuk ketujuhkalinya secara beruntun pada putaran final Piala Dunia.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009