Johannesburg (ANTARA News/Reuters) - Pelatih Mesir Hasan Shehata dan para pemainnya menyatakan bahwa kemenangan Kamis malam (Jumat WIB) atas Italia di Piala Konfederasi merupakan prestasi yang membanggakan dan kini mereka yakin akan dapat mencapai semifinal.

"Ini hasil yang hebat," kata Shehata setelah kemenagan 1-0 atas juara dunia Italia, dan menambahkan bahwa itu merupakan kemenangan terbesar yang pernah dicatat Mesir.

"Kami telah tampil baik secara teknik melawan Brazil meskipun hasilnya bukan milik kami. Namun kemenangan kali ini memberi harapan besar bagi kami menuju semifinal," tambahnya.

Sementara striker Mohamed Zidan mengatakan: "Kemenangan ini fantastis, dan kami sangat bangga."

Zidan yang dalam pertandingan tersebut harus diganti karena cedera, juga menyatakan yakni timnya bisa mengatasi AS pada pertandingan terakhir grup B, Minggu.

"Kami sadar bahwa kami harus tetap kompak untuk menunjukkan penampilan terbaik," ujar Zidan yang mecetak dua gol ketika timnya kalah 3-4 dari Brazil Senin lalu.

Pemain belakang Wael Gomaa mengatakan, timnya memerlukan kerja keras untuk mengalahkan Italia.

"Mereka sangat kuat dengan sejumlah pemain top dari liga seri A. Kami sangat senang dengan kemenangan ini. Kami sadar bahwa kami perlu berupaya keras lagi untuk mengalahkan AS agar lolos ke babak berikutnya," katanya.

Gomaa, yang merupakan salah satu anggota tim Mesir yang meraih Piala Afrika, menambahkan bahwa kemenangan ini akan diingat oleh negaranya.

Mesir sebelumnya selalu kalah dalam empat kali pertemuan dengan Italia. Italia sendiri tidak pernah kalah dari tim Afrika dalam 14 pertandingan sebelumnya.

Dengan hasil tersebut, empat tim di grup B masih punya peluang ke semifinal.

Brazil kini berada di puncak klasemen dengan enam poin, disusul Italia dan Mesir, masing-masing dengan tiga poin. AS juga masih punya peluang jika Minggu nanti Brazil mengalahkan Italia, dan mereka menang atas Mesir.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009