Sampang (ANTARA News) - Pengasuh pondok pesantren At-Taroki, Sampang, Madura, Jawa Timur, KH Alawi Muhammad, minta Wakil Presiden Jusuf Kalla, tetap konsisten berpegang teguh terhadap dasar negara Pancasila.

"Saya minta pak Jusuf Kalla tetap berpegang teguh pada Pancasila dalam menjalankan tugas pemerintahan, karena Pancasila merupakan dasar negara," kata K.H. Alawi Muhammad saat menerima kunjungan Wapres Jusuf Kalla di kediamannya di Desa Karongan, Sampang, Jumat.

Menurut KH Alawi yang juga aktivis Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu, Pancasila merupakan dasar sekaligus ruh perjuangan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Karena pak Jusul Kalla ini selama ini telah berpegang teguh kepada Pancasila dan berupaya mengembangkan perekonomian masyarakat kecil maka dia pantas kita dukung," katanya.

Bahkan kyai karismatik yang telah berusia 80 tahun ini juga meminta Bupati Sampang mendukung kepemimpinan Jusuf Kalla.

Selain menyatakan dukungannya, Kyai yang terkenal sejak kasus Waduk Nipah Sampang karena mampu meredam gejolak massa itu, juga memberikan surban kepada Wapres Jusuf Kalla dan langsung dipakainya saat itu juga.

Sementara Wapres Jusul Kalla dalam kesempatan itu menyatakan, dirinya tetap akan konsisten terhadap dasar negera Pancasilan dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dalam menjalankan tugas pemerintahan.

"Saya akan senantiasa tetap berpegang pada Pancasila, dan saya mohon dukungan kyai Alawi agar saya mampu mengemban amanat ini sesuai dengan amanat yang tercantum di Pancasila dan UUD 1945," katanya.

KH Alawi menjelaskan, bahwa dasar negara Pancasila merupakan panduan pokok yang di dalamnya mengatur banyak hal. Terutama, terkait dengan pengaturan hak-hak warga miskin.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009