Kodim 0504 Jaksel sediakan ATM beras untuk warga terdampak COVID-19

Kodim 0504 Jaksel sediakan ATM beras untuk warga terdampak COVID-19

Warga antre untuk mengambil bantuan beras melalui ATM beras di Markas Kodim 0504/Jakarta Selatan, Senin (27/4/2020) (ANTARA/HO-Kodim 0504/Jakarta Selatan)

Ini dilakukan agar pembagian beras bisa tepat sasaran
Jakarta (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 0504/Jakarta Selatan menyediakan mesin ATM beras untuk membantu masyarakat dengan keterbatasan akses pangan selama mengikuti kebijakan pemerintah, yakni Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Dandim 0504/Jakarta Selatan Kolonel Arhanud Tony Aris Setyawan saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin, mengatakan mesin ATM beras tersebut telah ada di Markas Kodim 0504/Jakarta Selatan sejak Jumat (24/4/) dan sudah melayani masyarakat untuk mendapatkan beras bantuan dari Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan TNI Angkatan Darat.

"ATM beras beroperasi setiap hari, ada 350 kepala keluarga (KK) yang datang mengambil beras setiap hari," kata Tony.

Tony menjelaskan, setiap kepala keluarga hanya dibolehkan mengambil 1,5 kilogram (kg) setiap hari dari ATM beras atau yang disebut ATM Pertanian Sikomandan.

Baca juga: TNI sediakan beras gratis lewat ATM Pertanian "Sikomandan"

Penerima bantuan pangan dari Kementerian Pertanian dan TNI melalui mesin ATM beras ini dipastikan adalah masyarakat yang belum menerima bantuan sosial baik dari Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Tony, pihaknya memiliki daftar sendiri untuk warga penerima bantuan pangan melalui ATM beras. Data dikumpulkan oleh anggota Babinsa di wilayah masing-masing, mendata warga yang belum terima bantuan sosial dari pemprov maupun pemerintah pusat.

"Ini dilakukan agar pembagian beras bisa tepat sasaran untuk warga yang membutuhkan. Kami tidak mau ada penerima bantuan ganda," kata Tony.

Selain mempersilahkan warga datang ke Markas Kodim untuk mengambil beras melalui ATM beras, Kodim 0504/Jakarta Selatan juga melayani sistem pengantaran beras kepada warga.

Baca juga: Kunjungi Kodim Depok, Mentan pastikan bantuan lewat ATM Beras berjalan

Tony menambahkan, bantuan pangan tersebut diharapkan dapat meringankan beban warga yang sedang menjalani Ramadhan di tengah wabah pandemi COVID-19.

"Warga bisa meminta Babinsa mengantarkan beras ke rumah jika ingin menghindari antrean," kata Tony.

Mesin ATM beras atau ATM Pertanian Sikomandan diluncurkan oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andhika Perkasa di Kodim 0501/JPBS Kemayoran, Jakarta Pusat pada Selasa (21/4).

Sebagai informasi, ATM beras yang dikembangkan oleh Badan Litbang Pertanian Kementan, ini memiliki kapasitas muat 180 kg dengan waktu operasi selama 12 jam per hari.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kilas NusAntara Pagi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar