Teluk Wondama menuju zona hijau COVID-19

Teluk Wondama menuju zona hijau COVID-19

Rapat evaluasi penanganan COVID-19 di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, pada Senin (27/4/2020). (ANTARA/Toyiban)

Teluk Wondama (ANTARA) - Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, perlahan bergerak dari zona kuning menuju zona hijau dalam penyebaran virus corona penyebab COVID-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama, Yoce Kurniawan di Wasior, Senin, mengutarakan seluruh orang dalam pemantauan (ODP) didaerah ini telah dinyatakan bebas setelah menjalani karantina mandiri.

"Per 26 April 2020, tiga dari total 18 ODP di Teluk Wondama telah menuntaskan masa karantina mandiri selama 14 hari. Dengan demikian ODP di Teluk Wondama saat ini nol," ucap Yoce.

Hingga saat ini, daerah yang kaya akan potensi perikanan dan pariwisata itu pun belum pernah memiliki pasien dalam pengawasan (PDP serta terkonfirmasi positif COVID-19.

Baca juga: Pencegahan COVID-19 di Teluk Wondama menggembirakan, sebut Gugus Tugas

Baca juga: Teluk Wondama perkuat stok beras, cegah kelangkaan akibat corona


Sebelumnya sebanyak 12 orang tanpa gejala (OTG) di Wondama juga telah dinyatakan bebas setelah menjalani masa karantina mandiri selama dua pekan.

“18 ODP sudah selesai semua. Jadi sudah tidak ada yang dipantau lagi, namun untuk 12 OTG kita akan adakan tes cepat (rapid test) karena mereka dari kluster Gowa. Besok (Selasa) kita akan periksa," kata Yoce dalam rapat evaluasi penanganan COVID-19 itu.

Sementara itu di wisma karantina COVID-19, kata dr.Yoce, hingga Senin siang sudah terisi delapan orang yang semuanya merupakan pelaku perjalanan dari daerah terjangkit.

“Di Wisma sekarang ada 8 pelaku perjalanan yang menjalani karantina terlokasir. Ada tiga pelaku perjalanan dari daerah transmisi lokal dan 5 orang dari Nabire (Provinsi Papua), mereka dari Manokwari mau ke Nabire tapi tidak bisa lewat karena jalan ditutup mereka masuk di Wasior dengan alasan mobil rusak sehingga mereka kita wajibkan karantina 14 hari," kata Direktur RSUD Teluk Wondama ini.*

Baca juga: Polres Wondama akan berpatroli halau kerumunan warga cegah COVID-19

Baca juga: Teluk Wondama alokasikan Rp1,6 miliar tangani COVID-19

Pewarta: Toyiban
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Polsek Aimas sediakan  wifi gratis untuk belajar secara daring

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar