Walaupun jumlah positif COVID-19 di Papua terus meningkat namun tingkat kesembuhannya juga tinggi yakni dari 155 orang yang positif ada 44 orang atau 28 persen sembuh
Jayapura (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua menyatakan bahwa jumlah warga yang positif COVID-19 di provinsi itu saat ini terus bertambah hingga mencapai sebanyak 155 orang setelah ada 13 kasus tambahan.

"Memang benar terjadi penambahan 13 orang lagi hingga saat ini tercatat 155 orang positif COVID-19 dengan 104 orang dirawat," kata Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan COVID-19 Papua dr  Silwanus Sumule, di Jayapura, Senin (27/4) malam.
 
Ia menjelaskan bahwa penambahan itu terjadi di beberapa kabupaten dan kota yang sebelumnya memang sudah ada warganya terjangkit.

Menurut dia hingga kini belum ada penambahan wilayah penyebaran virus corona dan masih tersebar di 11 kabupaten dan kota di Papua.

Di Kabupaten Mimika, kata dia, tercatat 45 orang positif, yang dirawat 36 orang, sembuh enam dan meninggal tiga orang, Kota Jayapura terdapat 42 orang positif corona, 20 orang dirawat, 19 orang sembuh dan tiga orang meninggal.

Kemudian di Kabupaten Jayapura 31 orang positif, 21 dirawat, sembilan orang sembuh dan satu orang meninggal, Kabupaten Merauke 11 orang positif, lima orang dirawat dan enam orang dinyatakan sembuh. Di Kabupaten Keerom 10 orang positif, delapan dirawat dan dua orang dinyatakan sembuh, di Kabupaten Sarmi terdapat empat warga positif, dua dirawat dan dua dinyatakan sembuh.

Selanjutnya di Kabupaten Nabire tiga orang positif dan semuanya masih dirawat, Kabupaten Jayawijaya tiga orang positif dan masih dirawat, Biak dua positif dan masih dirawat, Mamberamo Tengah dua positif dan dirawat, salah satunya dirujuk ke RSUD Wamena dan Kabupaten Boven Digul dua orang positif dan keduanya dirawat di RSUD Merauke.

Ia mengakui walaupun jumlah warga yang positif terus meningkat namun tingkat kematian dapat ditekan.
 
"Walaupun jumlah positif COVID-19 di Papua terus meningkat namun tingkat kesembuhannya juga tinggi yakni dari 155 orang yang positif 44 orang atau 28 persen sembuh, " demikian Silwanus Sumule yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Papua itu

Baca juga: 124 warga Papua positif COVID-19

Baca juga: Corona hentikan tradisi menyambut Ramadhan di Lembah Baliem

Baca juga: Konferensi Sinode Kingmi di Ilaga Papua ditunda akibat wabah corona

Baca juga: Penuhi kebutuhan pokok, Puncak Jaya-Papua alokasikan dana Rp53 miliar

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020