Paris (ANTARA News/AFP) - Badan dunia Formula Satu (F1), FIA dan persatuan tim F1 (FOTA), Rabu, sepakat tidak akan ada kejuaraan paralel musim mendatang sehubungan dengan perundingan di Paris untuk menghindari pemisahan kejuaraan.

Persetujuan itu sehubungan dengan pertemuan 120 anggota FIA dan diselenggarakan beberapa pekan setelah perselisihan sengit antara kedua badan tersebut, yang dipusatkan pada usulan mengenai pembatasan anggaran mulai musim mendatang.

Menjelang pertemuan tersebut, Presiden FIA, Max Mosley menyatakan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai bagian dari harga setiap persetujuan potensial dan mungkin akan berusaha terpilih kembali sebagai kepala olahraga bermotor dunia.

Orang Inggris berusia 69 tahun tersebut mendapat tekanan di tengah-tengah perselisihan mengenai usulan pembatasan anggaran.

Pertemuan Paris tersebut merupakan kesempatan bagi para anggota klub-klub untuk mendengar dari tim-tim Formula Satu tentang rencana mereka untuk memisahkan diri dari FIA dan membentuk seri tandingan, suatu usul yang membuat FIA mempersiapkan klaim hukum terhadap FOTA.

Surat perintah terhadap Ferrari dan FOTA, yang juga termasuk McLaren, BMW Sauber, Renault, Toyota, Red Bull Racing, Toro Rosso, dan Brawn GP, sedianya diajukan hari Senin, tetapi FIA menahannya sambil menunggu pertemuan hari Rabu.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009