Konfirmasi kasus baru hari ini (29/4) adalah kasus 144, laki-laki usia 25 tahun asal Palembang dengan status penularan lokal
Palembang (ANTARA) - Kasus positif COVID-19 di Provinsi Sumatera Selatan bertambah dari sebelumnya 143 kasus pada 28 April menjadi 144 kasus per 29 April 2020 dengan penambahan dari Kota Palembang.

"Konfirmasi kasus baru hari ini (29/4) adalah kasus 144, laki-laki usia 25 tahun asal Palembang dengan status penularan lokal," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Sumsel, Yusri di Palembang, Rabu. 

Baca juga: Kasus positif COVID-19 meninggal di Sumsel bertambah

Ia menyebutkan, khusus di Kota Palembang yang masuk zona merah, telah mencatatkan 85 temuan kasus positif COVID-19 sejak 24 Maret hingga 29 April 2020. Kasus yang ada didominasi orang tanpa gejala (OTG).

Namun dari 85 kasus yang tercatat, 16 kasus di antaranya telah dinyatakan sembuh serta 2 kasus sudah meninggal dunia.

Yusri mengingatkan masyarakat Kota Palembang tetap mengurangi pergerakan di luar rumah jika tidak terdesak tanpa harus menunggu Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) dijalankan, sebab PSBB Palembang masih terkendala persyaratan.

Baca juga: Kota Palembang masih dominasi penambahan kasus COVID-19 di Sumsel

"Informasi yang kami terima masih dua kecamatan lagi belum ada temuan kasus sehingga PSBB belum bisa diusulkan, jadi harus menunggu ada kasus dulu," kata Yusri

Di satu sisi penambahan kasus positif COVID-19 di Kota Palembang sudah hampir mendekati 100, sehingga masyarakat diminta fokus saja pada phscal distancing dan penggunaan masker di ruang terbuka.

Kota Palembang (zona merah) mencatatkan kasus tertinggi di Sumsel dengan 85 kasus dari 144 kasus per 29 April, disusul Prabumulih (zona merah) 12 kasus dan OKU (zona merah) 10 kasus.

Sedang kasus lainnya tersebar di 10 wilayah zona kuning, yakni Kota Lubuklinggau (10), Ogan Komering Ilir (6), Banyuasin (6), Ogan Ilir (4), Muara Enim (2), Musi Banyuasin (1), Pagaralam (1), Lahat (1), Muratara (1), Musi Rawas (1) dari luar Sumsel namun dirawat di Sumsel (4), kesepuluh wilayah tersebut berstatus zona kuning.

Baca juga: Konjen RRT di Medan bantu ribuan masker untuk tenaga kesehatan Sumsel
 

Pewarta: Aziz Munajar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020