Jakarta (ANTARA News) - Penulis cilik Nilam Zubir (13) berbagi pengalamannya sebagai penulis cilik dalam acara bincang-bincang di anjungan ANTARA dalam Pekan Produk Kreatif Indonesia 2009 di Jakarta, Sabtu sore.

Sejauh ini penulis yang baru naik kelas dua Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah menerbitkan dua buku karyanya, yaitu pengalamannya mewawancarai tokoh negara dan buku catatan hariannya

Di antara tokoh nasional yang pernah diwawancarainya adalah Bambang Soedibyo, Sudi Silalahi, MS Kaban, Jusuf Kala, Mutia Hatta dan banyak lagi, selain itu ia juga sempat mewawancarai tokoh pers Indonesia seperti Jakob Utama dan Andi F Noya.

Ia mengaku sudah mulai menulis sejak masih duduk di bangku taman kanak-kanak (TK).

Ia menuturkan dalam mencari ide tulisan Nilam mengatakan banyak terinspirasi kehidupan sehari-hari misalnya pengalaman dia naik angkot (angkutan kota) ke sekolah.

"Saya namakan angkot itu air force one karena saya suka nonton film Air Force One," ujarnya.

Menurut Nilam, banyak anak Indonesia yang mempunyai fasilitas yang cukup untuk menciptakan kreativitas dan berkarya dalam tulisan.

Penulis cilik Nilam Zubir akan membagi lagi pengalamannya dalam workshop menulis kreatif untuk anak dalam mengisi liburan sekolah yang diselenggarakan bersama Lembaga Pendidikan Jurnalistik ANTARA (LPJA), 10 Juli mendatang.

Acara yang berlangsung dua hari 10-11 Juli 2009 ini akan memberikan peserta kiat-kiat menulis dan memotret sebagai jurnalis cilik. Karya para peserta kemudian akan ditampilkan di Rumah Pena Blok M Square, Jakarta.

Anjungan ANTARA

Dalam Pekan Produk Kreatif itu, ANTARA memamerkan produk dan layanan pemberitaannya kepada masyarakat.

Asisten manager penjualan ANTARA, Uluan Manurung, mengatakan banyak pengunjung yang juga tertarik dengan produk-produk edukasi yang ditawarkan LPJA seperti menulis kreatif mengisi liburan sekolah dan layanan foto jurnalistik oleh Biro Foto ANTARA, serta sejumlah buku-buku terbitan ANTARA.

"Banyak pengunjung yang tertarik dengan foto-foto jurnalistik yang dihasilkan ANTARA dan layanan edukasi seperti penulisan berita," tambahnya.

Sejak pameran berlangsung hari Kamis (25/6), pengunjung yang mendatangi anjungan ANTARA News mencapai sekitar 150-an orang setiap harinya, dan mereka mendapatkan informasi jelas mengenai produk dan layanan dari kantor berita yang pernah mengumandangkan proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia ini.

Dalam pameran kali ini, ANTARA memberikan kesempatan pengunjung untuk menikmati layananan dan produk pemberitaan ANTARA hasil kerja sama dengan kantor berita asing seperti Reuters dan AFP.

ANTARA juga menawarkan jasa penyebarluasan rilis pers yang diterjemahkan dalam bahasa lokal ke seluruh dunia.

Produk lainnya adalah Asia Pulse yang menyajikan informasi industri dan bisnis di kawasan Asia Pasifik.

Produk lainnya adalah Indonesian Market Qoute (IMQ) yang merupakan layanan informasi bursa saham dan uang.

"Layanan ini memudahkan investor dalam melakukan transaksi di bursa dan dalam mengambil keputusan investasi," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009