Jakarta (ANTARA News) - Kegiatan Olympic Day yang dilakukan untuk
merayakan kebesaran Olimpiade akan digelar di berbagai provinsi mulai tahun depan.

Pada perayaan Olympic Day yang digelar di Jakarta, Minggu, Ketua Umum KON / KOI Pusat Rita Subowo menyatakan rasa puasnya terhadap kegiatan yang melibatkan banyak unsur masyarakat ini.

"Pada tahun depan kegiatan ini harus dilaksanakan di beberapa provinsi," ujar Rita Subowo.

Olympic Day digelar KON dalam rangka memperingati lahirnya Olimpiade yang dicetuskan Baron Pierre de Coubertin, dengan menggelar aksi jalan santai (fun walk) mengambil start di Plasa Timur Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baron Pierre de Coubertin yang terlahir 1 Januari 1863 dan wafat 2 September 1937 adalah seorang guru dan sejarawan Perancis, namun dikenal sebagai penemu Olimpiade Modern dan hingga kini menjadi ajang pertandingan olahraga tertinggi yang diikuti oleh para atlet terbaik dunia.

Rita mengatakan, Olympic Day semula pernah digelar dengan Olympic Day Run. Namun untuk memperluas makna, maka acara Olympic Day diisi dengan berbagai acara seperti demonstrasi ketangkasan atlet beladiri, pengenalan para mantan atlet atau atlet berprestasi, kampanye hijau dan juga hiburan.

Acara di Jakarta, selain dihadiri para menteri dan pejabat instansi terkait atau duta besar dari negara-negara sahabat, juga para pelajar, atlet, mantan atlet dan kalangan masyarakat umum yang melebihi seribu orang.

Prosesi acara Olympic Day diawali dengan penyerahan obor mini Olimpiade di Plaza Timur Stadion Gelora Bung Karno oleh mantan atlet Leane Suniar kepada Ketua Umum KON/KOI Rita Subowo.

Rita kemudian menyerahkan obor kepada tamu kehormatan di VIP yang terdiri atas para Duta Besar, di antaranya Dubes Korea, Spanyol, Jepang dan Filipina. Rita kemudian menyulut obor di kalderon mini.

Usai membacakan sambutan tertulis Presiden IOC, Rita dan Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso didampingi Ketua Kehormatan KONI Pusat, Agum Gumelar, kemudian melakukan pengibaran bendera start Fun Walk yang menempuh jarak sekitar 4 kilometer.

Setiba di garis finis di tempat yang sama, hadirin disuguhi berbagai acara di antaranya penampilan atlet-atlet Olimpiade dan Legenda Olahraga, penampilan atlet berprestasi Special Olympic (SOIna), demonstrasi olahraga taekwondo, kuis dan hiburan musik.

Hadir di antara tamu kehormatan adalah artis Ully Sigar Rusady, Pong Harjatmo dan beberapa selebritis lainnya.(*)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009