Jakarta, 1/7 (ANTARA) - Gebyar Wisata Nusantara (GWN) digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 4-7 Juni 2009. Pameran GWN yang dilenggarakan Wahyu Promo Citra dan didukung Departemen Kebudayaan dan Pariwisata (Depbudpar) ini diikuti 150 peserta dari dinas pariwisata provinsi, kabupaten dan kota di seluruh tanah air, pengelola tempat wisata, hotel, serta biro perjalanan wisata.


Pameran GWN yang digelar setiap tahun menjelang liburan sekolah kali ini mengambil tema Kenali Negerimu Cintai Negerimu (KNCN) dan bertujuan untuk mensukseskan Visit Indonesia Year (VIY) 2009 yang mentargetkan kunjungan 6,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) dan 226 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus).


Melalui Kenali Negerimu Cintai Negerimu kita terus mendorong wisnus untuk melakukan liburan di dalam negeri. GWN merupakan sarana bagi masyarakat untuk memperoleh informasi serta merencanakan liburan pada musim liburan sekolah bersama keluarga, kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir. Jero Wacik, SE, dalam jumpa pers GWN 2009 di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (1/6).


Menbudpar Jero Wacik yang didampingi Dirjen Pemasaran Depbudpar DR.Sapta Nirwandar dan Syukur Saka dari Wahyu Citra Promo menegaskan, wisnus memberikan kontribusi besar terhadap kepariwisataan nasional di mana tahun 2009 ini dari 226 juta pergerakan wisnus akan dibelanjakan sekitar Rp 82 triliun. Pengeluaran wisnus ini sebagian besar di daerah dan langsung dinikmati masyarakat, katanya.


GWN 2009 menampilkan 250 obyek wisata unggulan daerah antara lain wisata alam, wisata bahari, wisata religi, wisata agro, wisata outbound, produk cinderamata dan kerajinan. Selain itu diadakan Bursa Paket Wisata Nusantara 2009 dan Indonesia Hotel & Restaurant Table Top 2009. Selama berlangsung pameran diselenggarakan Festival Seni dan Budaya Nusantara dengan menampilkan antara lain lomba busana nasional, peragaan pengantin daerah, serta festival tari daerah.


Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Informasi dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009