Jakarta,(ANTARA News) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pembukaan pasar naik 0,75 persen karena pelaku pasar aktif memburu saham murah terutama saham perbankan dan industri telekomunikasi.

Indeks BEI naik 0,75 persen atau 15,354 poin menjadi 2.075,381 dan indeks LQ-45 menjadi 401,811 bertambah 3,093 poin atau 0,92 persen.

Pialang PT Millenium Danatama Sekuritas, Ahmad Riyadi di Jakarta, Kamis mengatakan, pelaku pasar memburu saham murah sehingga mengalami kenaikan harga yang memicu indeks BEI naik seperti saham BRI, BCA, Telkom dan dan Indosat .

Pembelian saham murah itu terpicu oleh lapora Badan Pusat Statistik yang menyebutkan inflasi tahunan turun tajam menjadi 3,65 persen dari sebelumnya 6,04 persen, katanya.

Menurut dia, aktifitas pasar cukup ramai karena sejumlah investor asing juga turut bermain di pasar saham setelah pelaksanaan pemilihan presiden berjalan dengan aman dan lancar.

Investor asing makin percaya bahwa Indonesia tetap merupakan pasar potensial yang masih bisa digarap lebih jauh, ucapnya.

Ia mengatakan, pasar saham pada pagi nanti masih akan bergerak naik sehingga indeks BEI akan dapat mencapai angka 2.100 poin.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009