Jakarta (ANTARA News) - Tinggal selangkah lagi Indonesia maju ke babak kedua turnamen basket 3 on 3 di kejuaraan olahraga multi event Asian Youth Games 2009 Singapura.

Keberuntungan bagi Indonesia, setelah di hari kedua kejuaraan yang berlangsung di Stadion Anglican High School, Kamis (2/7), tim Merah Putih menang tanpa bertanding atas tim Malaysia.

"Lawan Jordania, Jumat (3/7), kita akan berjuang habis-habisan, karena kalau menang kita bisa meraih posisi runner up dan maju ke babak selanjutnya," ujar pelatih tim putri Julisa Rastafari, dihubungi lewat saluran telepon international.

Ditambahkan, saat ini permainan anak-anak sudah meningkat. Masalah fisik dan mental yang kini dikuatirkan sudah tidak perlu dikuatirkan. Kalah di pertandingan pertama lawan Thailand bukan berarti petaka. Ini karena anak-anak belum bisa menyesuaikan diri karena mereka memang belum berpengalaman sama sekali.

Pertandingan dengan Malaysia berakhir dengan tanpa tanding karena sampai para waktu yang direncanakan, para pemain Malaysia tidak muncul di lapangan. Oleh wasit FIBA, Indonesia akhirnya dinyatakan sebagai pemenang karena dari waktu yang direncanakan tim Malaysia belum juga datang.

Indonesia berada satu grup dengan Thailand, Malaysia, dan Jordania. Sebelumnya di hari pertama Nilam R Savitri dan kawan-kawan harus menyerah atas Thailand dengan skor 21-34. Dan menang tanpa bertanding atas Malaysia. Dan apabila bisa menang dengan Jordania, kesempatan meraih runner up sangat terbuka.

Dan kemungkinan Thailand menjadi juara grup sangat terbuka, karena baru saja mereka mengalahkan Jordan dengan 34-18. "Peluang kita fifty-fifty lawan Jordania. Siapa yang siap, mereka akan menjadi pemenang. Kita minta restu saja supaya anak-anak bisa tampil lebih baik lagi," tambahnya.

Selain Nilam R Savitri, tim Indonesia yang dimanajeri Abdul Rozak di kegiatan multi even pertama ini juga menurunkan Nathasa Deby Cristalin (Jawa Tengah), dan dua atlet DKI Jakarta, Mutiara Riahna Sitepu dan Margareta Sutopo. Rara-rata pemain usia 15 tahun.

Pada pertandingan di grup A, pemain nomor tujuh Thailand MaihomThidaporn masih menjadi top skor dengan 12 poin. Pada pertandingan lain di grup B, Jepang memukul Nepal dengan mudah 34 - 0. Di grup yang sama, Korea (KOR) mengalahkan Kuwait dengan skor 34 - 4.

Di grup C, India memukul Singapore dengan 29 - 25. Di grup yang sama Uzbekistan kalahkan Filipina 28. Di grup D, China memukul Bahrain 33 - 0.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009