Jakarta (ANTARA New) - Tidak seperti dalam debat yang sebelumnya, pada debat putaran terakhir yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis malam, setiap calon presiden mendapatkan pertanyaan kejutan dari moderator Pratikno.

"Apa yang akan dilakukan jika bapak dan ibu tidak terpilih," tanya Pratikno setelah sesi pernyataan penutup dari setiap calon.

Dalam format debat sebelumnya, pertanyaan di akhir sesi debat ini tidak pernah ada. Namun pada debat final ini, sebelum menutup debat, Pratikno melontarkan pertanyaan pamungkas.

Pertanyaan ini sempat mengundang keterkejutan dari tim kampanye nasional karena sesi tersebut tidak dibahas sebelumnya.

Menurut anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) I Gusti Putu Artha ini adalah pertanyaan kejutan.

"Pertanyaan ini kita simpan. Karena konsepnya adalah debat terakhir maka ada pertanyaan yang menanyakan sikap pasangan calon kalau kalah atau menang," katanya.

Menurut Putu masyarakat Indonesia juga ingin tahu apa yang akan dilakukan setiap pasangan calon jika tidak terpilih dalam pilpres yang akan diselenggarakan pada 8 Juli 2009.

Pertanyaan ini, ujar Putu, tidak diinformasikan pada tim kampanye setiap pasangan. Namun, sejauh ini tidak ada pernyataan keberatan dari tim kampanye.

"Kalau ada yang merasa tidak nyaman, maka saya yang akan bertanggung jawab," katanya.

Menanggapi pertanyaan tidak terduga dari moderator tersebut capres Megawati Soekarnoputri mengatakan ia akan tetap mengabdi dan berjuang bagi rakyat Indonesia.

Sementara capres Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan akan mengucapkan selamat bagi para pemenang dan akan mengajak konstituennya untuk mendukung kandidat yang terplih.

Sedangkan capres Jusuf Kalla mengatakan bahwa yang terbaik yang akan menang. Untuk itu, ia akan menghormati siapapun yang menang nantinya.

Ia juga mengatakan jika tidak terpilih maka ia akan pulang kampung, mengurus masjid, sekolah, dan menjaga perdamaian bangsa Indonesia.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009