Pontianak (ANTARA New2s) - Partai-partai pengusung calon presiden di Kalimantan Barat telah menyiapkan saksi dan relawan di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) untuk mengawasi pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara serta keputusan Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami menyiapkan satu saksi untuk satu TPS," kata Ketua DPD PDI Perjuangan Kalbar, Cornelis di Pontianak, Senin, seraya mengatakan pihaknya telah menyiapkan pembiayaan dan logistik mereka.

Menurut Cornelis, saksi juga akan membantu menjelaskan keputusan MK mengenai penggunaan KTP atau paspor bagi calon pemilih saat mendaftar di TPS.

Sementara Ketua Tim Kampanye Jusuf Kalla - Wiranto Kalbar, Awang Sofian Rozali mengatakan, selain saksi resmi di tiap TPS, mereka juga menyiapkan relawan.

"Diluar saksi, juga siap relawan dengan jumlah sepuluh sampai 20 orang di tiap TPS," kata Awang Sofian Rozali. Jumlah TPS di Kalbar sebanyak 10.775 buah.

Sekretaris Tim Relawan Garuda Nusantara di Kalbar untuk JK - Win, Rosihan Anwar mengatakan, terdapat 32 posko dengan 15 orang pengurus yang tersebar di seluruh Kalbar.

Sementara Sekretaris DPD Partai Demokrat Kalbar, Nicodemus R Toun mengakui timnya juga menyiapkan satu orang di setiap TPS.

Di Kota Pontianak, sejumlah lokasi di kawasan perdagangan juga mulai bersiap untuk membuat TPS. Salah satunya TPS 28 di Jalan Hijas, Pontianak Selatan.

Jumlah pemilih di Kalbar yang masuk DPT sebanyak 3.154.887 orang. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009