Medan (ANTARA News) - Polda Sumatera Utara mengerahkan hampir seribu anggotanya untuk pengamanan di Nias Selatan karena pemungutan suara Pilpres di daerah itu bersamaan dengan pemungutan suara ulang Pemilu legislatif.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Badrodin Haiti, di Medan Selasa mengatakan, selain mengawal logistik Pemilu para polisi itu juga disiagakan untuk pengamanan di TPS-TPS, PPK, kantor KPU.

"Kita tidak ingin terulang lagi peristiwa seperti Pileg (Pemilu legislatif) lalu, di mana dalam penghitungan suara terjadi berbagai pelanggaran," kata jenderal bintang dua itu.

Kapolda mengatakan, pihaknya juga memantau pemungutan suara Pilpres di daerah-daerah terpencil seperti Labuhan Batu Selatan yang berbatasan dengan Provinsi Riau.

Daerah Labuhan Batu Selatan itu merupakan daerah pemekaran dari Labuhan Batu, perlu diawasi sehingga pemungutan suara berjalan aman, tertib, dan lancar.

Ditanya jumlah personel yang dikerahkan untuk pengamanan Pilpres, Badrodin mengatakan, totalnya 12.650 lebih yang tersebar di Polres wilayah hukum Polda Sumut.

Sementara untuk Pilpres dan pemungutan suara ulang di Nias Selatan, Polda Sumut juga mengerahkan 11 perwira tim supervisi yang bertugas memantau jalannya pemungutan suara.

Satu helikopter dan pesawat branco juga disiapkan untuk pemantauan di Nias Selatan dan beberapa daerah terpencil lainnya.

Data yang diperoleh di KPU Sumut, jumlah pemilih tetap di provinsi itu mencapai 9.494.055 jiwa.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009