Operator satelit yang telah beroperasi sejak lama di Asia kini menguasai sepenuhnya penjualan Telstar 10/Apstar 2R

     OTTAWA, KANADA dan APT SATELLITE, HONG KONG, 9 Juli (ANTARA/CNW-AsiaNet) -- Telesat Canada, operator jasa satelit tetap terbesar keempat dunia, dan APT Satellite Company Limited, anak perusahaan sepenuhnya APT Satellite Holdings Limited, hari ini mengumumkan telah merampungkan transaksi menurut mana Telesat mengalihkan kepentingannya yang disewakan di Telstar 10 ke APT, bersama dengan kontrak pelanggan tertentu menyangkut satelit tersebut. Sebagaimana yang diumumkan pada 1 Juni 2009, total harganya berjumlah kira-kira US$69 juta.

     "Pengalihan kepentingan kami di Telstar 10 ke APT sangat masuk akal untuk beberapa alasan, termasuk tanggungjawab APT sejak lama atas operasi satelit, lingkungan pengaturan kompleks sehubungan dengan satelit tersebut, dan persyaratan mendatang untuk mengganti Telstar 10," kata Dan Goldberg, Presiden sekaligus CEO Telesat.

     APT dan Telesat meyakinkan pengguna Telstar 10 saat ini bahwa mereka akan terus memperoleh layanan bermutu tinggi yang sama seperti yang telah mereka nikmati saat ini, dan kedua perusahaan ini akan berupaya keras menjamin peralihan yang utuh dan mulus bagi pelanggan mereka.

     "Satelit ini, yang juga bernama Apstar 2R, adalah salah satu dari satelit terkemuka di pasar Asia," ujar Cheng Guangren, Direktur Eksekutif sekaligus Presiden APT. "Perjanjian ini merupakan langkah strategis yang benar bagi perusahaan kami mengingat rencana pertumbuhan APT dan pelanggan menarik yang mengandalkan pada Apstar 2R. Kami ingin melayani mereka dalam tahun-tahun mendatang serta bekerjasama dengan mereka guna memperluas kehadiran kami di Asia dan pasar jasa satelit lain."

     Tentang Telesat (www.telesat.com)

     Telesat, yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada, dengan kantor dan fasilitas di seluruh dunia, adalah operator jasa satelit tetap terbesar keempat. Perusahaan ini memberi solusi komunikasi satelit yang dapat diandalkan dan aman kepada pelanggan bidang penyiaran, telekomunikasi, perusahaan dan pemerintah. Telesat punya 11 satelit mutakhir di seluruh dunia dengan satelit lain yang tengah dibuat, dan menangani operasi 13 satelit lagi untuk pihak ketiga. Telesat milik swasta. Pemegang saham utamanya adalah Badan Penanaman Modal Pensiun Sektor Umum Kanada dan Loral Space & Communications Inc. (NASDAQ: LORL).

     Sebagaimana yang diumumkan sebelumnya, Telesat terus melakukan pembahasan menyangkut penjualan kepentingannya dalam satelit internasional lainnya. Tetapi, Telesat pada saat ini tidak dapat menaksir kemungkinan mengakhiri transaksi lebih lanjut yang tengah dibahas atau menurut syarat apa, termasuk harga, satelit tersebut dapat dijual.

     Tentang APT (www.apstar.com)

     APT SATELLITE HOLDINGS LIMITED ("Kelompok") terdaftar di Bursa Saham Hong Kong. Kelompok ini, yang memulai operasinya pada 1992, menyediakan jasa bermutu tinggi dalam transponder satelit, komunikasi satelit dan layanan penyiaran untuk sektor penyiaran dan telekomunikasi di Asia Pasifik, Eropa dan Amerika Serikat. Kelompok tersebut saat ini mengoperasikan sistem APSTAR, termasuk Apstar 5, Apstar 6, dan Apstar 2R, melalui Pusat Pengendalian Satelitnya di Tai Po, Hong Kong. Sejalan dengan strategi pengembangan usahanya, Kelompok ini juga menyediakan jasa penyiaran satelit dan telekomunikasi kepada pelanggan. (Kode saham: 1045)

     Pernyataan Safe Harbour Telesat

     Siaran pers ini berisi pernyataan yang tidak berdasarkan fakta historis dan merupakan "pernyataan berwawasan ke depan". Hasil-hasil sesungguhnya dapat berbeda materinya dari dugaan yang dinyatakan atau disiratkan dalam pernyataan berwawasan ke depan sebagai hasil dari resiko dan ketidakpastian yang diketahui dan yang tak diketahui. Informasi rinci tentang beberapa resiko dan ketidakpastian yang diketahui termasuk dalam pasal "Faktor Resiko" prospektus akhir Telesat yang diajukan kepada Badan Pengawas Pasar Modal (SEC) Amerika Serikat pada 29 Juni 2009. Para pembaca khususnya merujuk pada dokumen itu, dan juga pengajuan lain Telesat kepada SEC yang dapat diperoleh di situs web SEC di http://www.sec.gov. Resiko dan ketidakpastian yang diketahui mencakup namun tidak terbatas pada: (1) resiko keuangan, termasuk kelesuan ekonomi, pembatasan yang diberlakukan oleh perjanjian yang termaktub dalam kesepakatan yang mengatur utang Telesat, peningkatan Telesat, gejolak kurs tukar, dan ketergantungan Telesat pada beberapa pelanggan besar bagi sejumlah besar pendapatannya; (2) resiko sehubungan dengan satelit operasi dan penyediaan jasa satelit, termasuk pembuatan satelit atau penangguhan peluncuran, kegagalan peluncuran, kegagalan dalam orbit atau buruknya kinerja satelit, kemampuan memperoleh atau memperbarui jaminan satelit sama sekali atau dengan syarat yang masuk akal, dan persaingan dari penyedia jasa telekomunikasi lain; (3) resiko sehubungan dengan peraturan pemerintah di dalam dan luar negeri; serta (4) resiko lain, termasuk konflik kepentingan yang dapat terjadi dengan pemegang saham signifikan Telesat, proses hukum, dan resiko pasar. Daftar faktor penting di atas tidak khusus. Informasi dalam siaran pers ini mencerminkan keyakinan, asumsi, maksud, rencana dan dugaan Telesat pada tanggal siaran pers ini. Telesat tidak berkewajiban memperbarui atau memperbaiki informasi di sini.

     Pernyataan Berwawasan ke Depan APT

     Siaran pers ini dapat berisi pernyataan yang tidak berdasarkan fakta historis dan merupakan "pernyataan berwawasan ke depan". Pernyataan dalam siaran ini menyangkut keyakinan, dugaan, maksud, kejadian di masa depan, kinerja di masa depan, prospek usaha dan strategi usaha, termasuk pernyataan menyangkut proyeksi untuk tahun 2009 dan setelahnya, berdasarkan beberapa asumsi.

     Jika asumsi-asumsi ini tidak memuaskan atau terbukti tidak benar, hasil sesungguhnya dapat berbeda materinya dari hasil yang ditunjukkan dalam pernyataan berwawasan ke depan, tergantung pada beragam faktor termasuk, namun tidak terbatas pada, kemampuan APT melaksanakan strategi usahanya dan persaingan di pasar. Informasi dalam siaran ini mencerminkan dugaan APT pada tanggal siaran ini. APT tidak berkewajiban memperbarui atau memperbaiki informasi di sini.

     SUMBER: Telesat Canada; Telesat Holding Inc.

     /KONTAK: Vanessa Brule, Telesat, (613) 748-8700 ext. 2407,
(vbrule(at)telesat.com); Dr. Brian Lo, APT Satellite Holdings Limited, Tel: +852 2600 2100, (brianlo(at)apstar.com)/


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009