Jakarta (ANTARA News) - 14 warga negara Indonesia (WNI) yang terinfeksi virus flu babi(H1N1) di Korea Selatan hingga saat ini masih dirawat di rumah sakit namun kondisi kesehatannyamembaik.

"Keadaannya sangat bagus, bahkan ada yang tidak panas dan pilek," kata Menkes Siti Fadilah di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan, ke-14 WNI yang antara lain terdiri atas 10 anggota Elfa`s Music School, dua anggota Gorontalo Choir, dan satu anggota Riau Choir itu akan dipulangkan ke Indonesia setelah bebas dari infeksi virus flu babi (H1N1).

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan Tjandra Yoga Aditama mengatakan sebagian dari 336 WNI peserta kontes paduan suara "Asian Choir Contest" di Kota Changwon, Korea Selatan, dijadwalkan kembali ke Indonesia pada Minggu sore (12/7).

"Yang dinyatakan negatif, tidak terinfeksi, menurut jadwal pulang hari ini. Dari 336 peserta, 83 yang sudah dinyatakan negatif, sore ini dijadwalkan tiba di Indonesia," katanya.

Sebelumnya 14 WNI peserta kontes paduan suara di Kota Changwon, Korea Selatan, dikonfirmasi positif terinfeksiflu babioleh otoritas kesehatan provinsi itu pada Sabtu.

Akibatnya, seperti dilansir dari Reuters, kepulangan sekitar 300-an WNI setelah kontes yang dijadwalkan pada Minggu (12/7) dibatalkan oleh pihak berwenang di Korea Selatan pada Sabtu (11/7).

Disebutkan pula bahwa petugas kesehatan di Korea Selatan telah melakukan tes kepada 34 orang WNI peserta kontes paduan suara yang memiliki gejala flu.

Rombongan WNI peserta kontes paduan suara itu disebutkan meninggalkan tanah air pada 6 Juli dan dijadwalkan pulang pada 12 Juli. Namun sesuai prosedur penanganan kasus flu H1N1 maka yang bersangkutan harus menjalani perawatan terlebih dahulu.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009