Dishub Kota Bandung temukan pemudik sembunyi di mobil logistik

Dishub Kota Bandung temukan pemudik sembunyi di mobil logistik

Petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) yang berjaga atau bertugas pada hari pertama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Tingkat Provinsi Jabar di cek point Gerbang Tol Kopo, Rabu, menemukan tiga orang yang diduga akan mudik ke wilayah Bandung yang bersembunyi di mobil logistik. (Dok Humas Dishub Kota Bandung)

Informasinya mereka berasal dari Jakarta mau mudik ke daerah Bandung
Bandung (ANTARA) - Petugas Dinas Perhubungan Kota Bandung, Jawa Barat, pada hari pertama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar Provinsi Jabar di Pos Pemeriksaan Gerbang Tol Kopo, Rabu, menemukan tiga orang diduga akan mudik bersembunyi di mobil logistik.

"Jadi saat mobil logistik itu melalui cek point Tol Kopo, petugas kami memberhentikan mobil Grand Max yang dipakai untuk angkutan logistik. Saat diperiksa di bagian belakang mobil, itu ada tiga orang penumpang di belakang," kata Kabid Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara ketika dihubungi melalui telepon.

Baca juga: Gugus Tugas COVID-19 tegaskan mudik tetap dilarang

Asep mengatakan petugas yang berjaga di pos pemeriksaan Gerbang Tol Kopo langsung meminta mereka untuk turun dari kendaraan untuk didata.

"Informasinya mereka berasal dari Jakarta mau mudik ke daerah Bandung dan mereka ke sini dengan mengakses via Tol Cipularang. Sudah kami data," kata dia.

Menurut dia, seusai didata, mobil logistik yang mengangkut penumpang atau pemudik tersebut langsung diminta untuk memutar balik atau kembali ke daerah asalnya di Jakarta.

Baca juga: Polda Metro kembali pergoki mobil travel bawa pemudik

"Bukannya kami kejam, tapi kami menjalankan aturan terkait pelaksanaan PSBB ini sehingga mereka kami minta untuk memutar balik," kata dia.

Secara aturan, lanjut Asep, penumpang yang menaiki mobil logistik untuk mudik menyalahi tiga aturan pertama mempergunakan kendaraan yang bukan peruntukkannya.

"Kedua ialah keselamatan karena konstruksi mobil logistik itu bukan untuk menyangkut penumpang atau orang dan yang ketiga ialah kesehatan. Jadi ketiga orang itu tidak memakai masker sehingga jelas ya pelanggarannya," kata dia.

Baca juga: 11 hari Operasi Ketupat, polisi putar balik 28.093 kendaraan pemudik

 

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar