Newport, Rhode Island (ANTARA News/AFP) - Rajeev Ram, petenis "lucky loser" dari babak kualifikasi, memanfaatkan peluang keduanya dengan memenangi gelar ATP Hall of Fame Championship, Minggu, dengan mengalahkan unggulan ketiga Sam Querrey pada final.

Petenis Amerika keturunan India berusia 25 tahun itu mengalahkan Querrey 6-7 (3/7), 7-5, 6-3 untuk meraih mahkota ATP pertamanya pada event lapangan rumput berhadiah 500.000 dolar itu.

Ram mencapai babak utama setelah unggulan teratas asal AS Mardy Fish harus masuk tim AS untuk Piala Davis karena Andy Roddick cedera menyusul kekalahan pada final Wimbledon dari Roger Federer.

Tim Amerika kalah di kandang Kroasia pada Piala Davis namun Ram mencapai final ATP pertamanya dan memenangi final sesama petenis Amerika yang pertama di Newport sejak Taylor Dent mengalahkan James Blake pada 2002.

Ram melakukan kesalahan ganda sehingga gagal mematahkan servis pada game ke-12 set pertama sehingga terjadi tie-break, kemudian Querrey memenangi lima dari enam poin pertama dalam perjalanannya memenangi set pembuka setelah pukulan forehand Ram terlalu panjang.

Ram mematahkan servis Querrey pada game terakhir set kedua, kemudian kembali mematahkan servis lawannya pada game kedua set ketiga sebelum Querrey balas mematahkan servisnya dengan topspin lob winner pada game berikutnya.

Querrey, yang satu-satunya gelar ATP-nya diperoleh tahun lalu di Las Vegas, dipatahkan servisnya sehingga tertinggal 3-5 ketika Ram menghasilkan forehand voli winner dan Ram mempertahankan servisnya untuk menyudahi pertandingan.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009