Jakarta (ANTARA News) - Indonesia akan mengirim sebanyak 162 atlet dari sembilan cabang olahraga pada Pesta Olahraga Pelajar ASEAN ke-1 di Suphanburi, Thailand, 20-29 Juli.

Ketua Kontingen Pelajar Indonesia, Agus Edy Suharto, di Jakarta, Selasa, mengatakan, para atlet tersebut sejak 6 Juli lalu sudah berkumpul di Jakarta untuk menjalani pemusatan latihan.

"Mereka diambil dari sekolah olahraga Ragunan dan PPLP-PPLP seluruh Indonesia, sehingga umumnya memang sudah berlatih secara rutin," kata Agus Edy Suharto yang juga Plt Deputi Peningkatan Prestasi dan IPTEK Olahraga Kantor Menpora tersebut.

Cabang olahraga yang diikuti Indonesia adalah renang, atletik, sepak takraw, senam, tenis, tenis meja, bola basket, bulutangkis, dan bola voli.

Pesta Olahraga Pelajar ASEAN itu sendiri mempertandingkan 10 cabang olahraga. Indonesia hanya tidak ikut pada cabang golf.

Agus menambahkan, pada event itu kontingen Indonesia ditargetkan bisa meraih peringkat umum kedua.

Event ini merupakan yang pertama digelar oleh ASEAN School Sport Council (ASSC) dan akan menjadi program rutin tahunan dengan tuan rumah bergantian di antara negara-negara ASEAN.

Sebelumnya kejuaraan yang melibatkan pelajar di kawasan ASEAN digelar terpisah untuk tiap-tiap cabang.

"Dari kejuaraan single event itu, kami bisa mengukur prestasi atlet pelajar Indonesia dibanding negara lain, jadi kami bisa memberi target untuk menjadi juara umum kedua," tambahnya.

Kontingen Indonesia rencananya akan dilepas oleh Menpora Adhyaksa Dault pada Jumat (17/7).(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009