Jakarta (ANTARA News) - Sekretaiat ASEAN kembali meluncurkan sebuah inisiatif baru berupa "The ASEAN Secretariat Policy Forum" di Sekretariat ASEAN di Jakarta, Selasa.

"Forum ini akan dilaksanakan secara berkala sebagai sarana bertukar pikiran dan menjangkau lebih banyak pihak yang terlibat dalam aktivitas Sekterariat ASEAN," kata Sekjen ASEAN Dr Surin Pitsuwan saat launching program tersebut yang dihadiri puluhan peserta dan undangan dalam dan luar negeri.

Ia mengatakan, forum tersebut akan menghadirkan pembicara-pembicara ternama untuk bertukar pikiran dan pencerahan mengenai isu-isu penting yang relevan dengan empat departemen di Sekretariat ASEAN.

Forum yang pertama Rabu (14/7) dengan tema "Reconstructing ASEAN: Challenges for the 21st Century" menghadirkan empat pembicara yakni Prof Amitav Acharya dari American University Washington D.C, Dewi Fortuna Anwar, Rizal Sukma (Indonesia) dan Prof Dato Dr Zakaria Ahmad (Malaysia).

"Dengan forum ini saya berharap banyak masukan dan ide-ide baru untuk terus mengembangkan dan membangun ASEAN," kata Surin.

Dalam kesempatan tersebut, selain berdiskusi dengan tema "Reconstructing ASEAN:Challenges for the 21st Century" atau mengenai membangun kembali ASEAN dan Tantangan di Abad 21, juga dilakukan peluncuran buku "Constructing a Security Community in Southeast Asia" karya Prof Amitav Acharya oleh Sekjen ASEAN Surin Pitsuwan.

"Buku ini lebih banyak memberikan banyak pengetahuan mengenai ASEAN serta bagaimana ASEAN menghadapi tantangan ke depan," kata Surin.

Sebelumnya, Sekretariat ASEAN juga telah meluncurkan "ASEC Brown Bag Series" pada 4 Juli 2008 lalu, sebuah inisiatif untuk bertukar pikiran dan mengugah kesadaran masyarakat atau pejabat pemerintah yang peduli terhadap isu-isu berkaitan dengan ASEAN.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009