Jakarta (ANTARA News) - Prancis salut terhadap Indonesia yang mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi sekitar enam persen di tengah krisis ekonomi global, kata Dubes Prancis untuk Indonesia Philippe Zeller.

"Selamat atas keberhasilan Indonesia yang mampu mempertahankan tingkat pertumbuhan ekonomi saat ekonomi global yang dilanda krisis," kata Zeller pada peringatan "National Day" di Jakarta, Selasa.

Selain itu, lanjutnya, Pemerintah Prancis juga memberikan apresiasi pada Pemerintah Indonesia yang dinilai terus berupaya menjaga lingkungan dan pulau-pulaunya.

"Kami menghormati Indonesia sebagai negara besar, juga kami sungguh berharap dapat terus melakukan kerja sama aktif dengan Indonesia," katanya.

Pada kesempatan itu pula, ia menyampaikan rasa terima kasihnya kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia, karena warga Prancis dapat hidup dan melakukan aktivitas di berbagai bidang diantaranya perusahaan, perwakilan pemerintah Prancis, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), awak kapal dan yang datang sebagai turis.

Dia mengatakan, jumlah orang Prancis yang berada di luar negri lebih dari dua juta orang yang bekerja dengan berbagai macam profesi.

Mengenai proses demokrasi di Indonesia, Zeller mengatakan, pemerintah Indonesia dengan dukungan masyarakatnya telah berhasil melaksanakan Pemilu 9 April 2009 dan Pemilu Presiden (Pilpres) 8 Juli 2009.

"Selamat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, karena kedua pemilu itu berhasil dilaksanakan dengan baik," katanya.

Prancis merupakan anggota dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan menjadi salah satu dari lima negara yang memiliki hal veto pada organisasi dunia itu. Selain itu, Prancis juga anggota dari La Francophonie, G8, dan Uni Latin.*(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009