Washington (ANTARA News/AFP) - Federal Reserve pada Rabu mengangkat proyeksinya untuk ekonomi AS berbalik naik (rebound) dari resesi di paruh kedua 2009 yang akan meninggalkan penurunan untuk tahun ini 1,0 persen hingga 1,5 persen

Bank sentral juga menaikkan proyeksinya untuk 2010, memperkirakan pertumbuhan dalam sebuah kisaran 2,1 hingga 3,3 persen, sedikit lebih baik daripada proyeksi April.

Untuk 2011, the Fed memproyeksikan pertumbuhan di kisaran 3,8 hingga 4,6 persen.

Perkiraan baru muncul dalam rilis proyeksi dengan risalah dari Komite Pasar Terbuka Federal dari Juni, bersama dengan komentar-komentar dari anggota Fed dan pembahasan bank sentral dari staf peramalnya.

"Hampir semua peserta melihat prospek jangkan pendek untuk output domestik telah membaik relatig moderat untuk proyeksi mereka yang dibuat pada saat rapat FOMC April, mencerminkan sebuah penurunan tipis kontraksi hebat dalam paruh pertama 2009 dan sedikit menguat, tapi masih lambat, pemulihan di paruh kedua," kata dokumen.

Fed mengatakan para stafnya ekonom juga menaikkan proyeksi mereka berdasarkan data terakhir meskipun tingkat pengangguran lebih tinggi dari yang diharapkan.

"Dalam proyeksi yang disiapkan untuk pertemuan Juni, direvisi naik prospek untuk kegiatan ekonomi selama sisa dari 2009 dan 2010," kata laporan.

"Belanja kKonsumen tampak telah stabil sejak awal tahun, dan mulai penjualan baru yang perataan keluar rumah, dan baru-baru penurunan belanja modal tidak parah seperti yang terlihat seperti yang pernah terjadi di sekitar akhir tahun."

Laporan menambahkan: "Lagipula, tampaknya kemungkinan kegiatan ekonomi yang berada dalam proses leveling, dan perbaikan yang cukup besar di pasar keuangan selama beberapa bulan terakhir, kemungkinan akan memberi dukungan lebih kepada permintaan agregat."

Laporan menambahkan, meskipun secara keseluruhan outlook ekonomi lebih baik, yang juga menaikkan proyeksi Fed untuk pengangguran, yang katanya akan menilai puncak tahun ini di kisaran 9,8-10,1 persen, dibandingkan dengan ramalan April dari 9,2 ke 9,6 persen.

Meski prospek ekonomi secara keseluruhan naik, Fed juga menaikkan proyeksi untuk pengangguran, mengatakan tingkat pengangguran akan mencapai puncak di kisaran 9,8 hingga 10,1 persen tahun ini, dibandingkan dengan proyeksi April 9,2 hingga 9,6 persen. (*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009