Singapura (ANTARA News/AFP) - Penjualan komputer pribadi (PC) di Asia mengakhiri tren penurunan dua kuartal berturut-turut dan mencatat kenaikan kuat dalam kuartal kedua 2009, demikian sebuah laporan yang dirilis Selasa.

Analis teknologi informasi IDC mengatakan 19,9 juta unit PC terjual di kawasan Asia-Pasifik, kecuali Jepang, dari April hingga Juni tahun ini. Ini merupakan peningkatan 19 persen dari kuartal pertama.

Kenaikan tahun-per-tahun di atas perkiraan dan tercatat delapan persen. Ini merupakan pengalaman pertama kali angka-angka tersebut positif setelah enam bulan negatif, tambah IDC.

Bryan Ma dari IDC Asia-Pasifik mengatakan PC portabel akan menjadi pendorong pertumbuhan besar dalam bulan-bulan mendatang.

"Minat konsumen yang terus-menerus pada PC portabel akan terus menjadi penggerak utama ke depan, terutama karena rendahnya harga notebook mini dan notebook ultra tipis yang membantu mendongkrak penjualan di tahun depan," katanya.

Lenovo masih menjadi merek PC terkemuka untuk kawasan itu, meraup pangsa pasar 18,5 persen pada kuartal pertama, diikuti Hewlett-Packard dengan 16,2 persen, Dell 8,4 persen dan Acer 7,5 persen. (*)

Pewarta:
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2009