Jakarta (ANTARA News) - Para Menteri Luar Negeri ASEAN menyambut baik berfungsinya Komite Wakil Tetap (Duta Besar) ASEAN yang berkedudukan di Jakarta, Indonesia.

Kesepakatan itu, menurut keterangan resmi dari Departemen Luar Negeri di Jakarta, Rabu, disepakati dalam Pertemuan ke-42 Menteri-Menteri Luar Negeri ASEAN di Phuket, Thailand, 19-23 Juli 2009.

Sebagai salah satu organ utama ASEAN, Komite tersebut dibentuk untuk menjadi penggerak utama dalam memantapkan koordinasi internal sesuai Piagam ASEAN dan cetak biru Komunitas ASEAN, termasuk di antaranya memperkuat kerja sama dengan negara-negara mitra wicara ASEAN.

Sampai dengan saat ini, secara resmi terdapat 10 Duta Besar/Wakil Tetap negara anggota ASEAN dan 24 Duta Besar non-ASEAN, terutama dari negara mitra wicara ASEAN, yang hampir semuanya berkedudukan di Jakarta.

Dalam pertemuan itu delegasi Indonesia dipimpin oleh Menlu Hassan Wirajuda. Di sela jadwal pertemuan, Menlu Hassan Wirajuda menyempatkan untuk bertemu dengan Perwakilan Tinggi UE untuk Kebijakan Politik dan Kemanan Javier Solana, Menlu AS Hillary Rodham Clinton serta Menlu Sri Lanka, Jepang, India, Australia, Republik Korea, dan Selandia Baru.

ASEAN atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara beranggotakan 10 negara yaitu Indonesia, Brunei Darusasalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Singapura, Thailand, Laos, Vietnam dan Kamboja.

Sedangkan negara-negara yang tercatat sebagai mitra wicara ASEAN tersebut adalah Australia, Kanada, Selandia Baru, China, Jepang, Korea Selatan, India, Rusia, Amerika Serikat dan Uni Eropa.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009