Tiga kebohongan ini sebabkan Anda gagal turunkan berat badan

Tiga kebohongan ini sebabkan Anda gagal turunkan berat badan

Ilustrasi (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Membakar lemak untuk mencapai atau mempertahankan berat badan yang sehat seharusnya tidak rumit. Sayangnya, ada banyak mitos dan saran kebugaran yang tidak sehat beredar sehingga menyebabkan rasa sakit dan frustrasi yang tidak perlu untuk mereka yang berencana untuk menurunkan berat badan.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu Anda waspadai. Apa saja? Berikut dipaparkan dalam Men's Health:

1. Anda tidak boleh menambah otot

Menurut International Journal of Obesity, otot Anda berkontribusi 20 persen dari laju metabolisme Anda, sementara massa lemak Anda menggunakan 3 persen energi Anda. Artinya, Anda bisa tetap ramping jika melibatkan penambahan otot melalui latihan membangun kekuatan.

Laju metabolisme adalah laju keseluruhan oksidasi jaringan bahan bakar oleh semua organ tubuh.

Bahan bakar ini antara lain karbohidrat, lemak, protein, alkohol, dan komponen makanan minor yang teroksidasi dalam jaringan, oksigen yang diambil oleh paru-paru dan produk akhir yang dibakar yakni karbon dioksida, air dan urea yang diekskresikan paru-paru, urin dan kulit.

Dengan kata lain, kondisi ini menentukan seberapa baik Anda membakar lemak dan menggunakan protein, yang semuanya dapat menyebabkan penurunan berat badan, retensi atau penambahan serta penambahan otot.

Beberapa latihan pembangun kekuatan untuk mendapatkan otot termasuk angkat beban, menggunakan berat badan Anda sebagai resistensi alami seperti push-up, crunches dan squat kaki.

Baca juga: Lima manfaat rutin minum kopi hitam

Baca juga: Diet tepat untuk mereka dengan masalah jantung

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar