Pontianak (ANTARA News) - Mandala Airlines memesan lima unit lagi pesawat Airbus A320 untuk meningkatkan armadanya dan mereka menargetkan pesawat itu mulai dikirim pembuatnya mulai 2011.

Kepala Komunikasi Perusahaan Mandala Airlines, Trisia Megawati, saat dihubungi dari Pontianak Jumat mengatakan, lima pesawat yang dipesan itu telah menambah 25 unit A320 yang dipesan pada 2007.

"Mandala menetapkan akan memakai A320 untuk operasional melayani penumpang," kata dia.

Menurut dia, hal itu merupakan komitmen dari perusahaan yang sejak awal tahun sudah tidak lagi mengoperasikan pesawat generasi yang lebih tua Boeing B737-200 dan B737-400.

Ia menambahkan, Mandala memilih Airbus A320 karena armada ini memiliki teknologi terbaru dalam industri penerbangan dan sangat cocok untuk kondisi di wilayah Indonesia.

"Jenis pesawat ini dilengkapi dengan sistem Fly-By-Wire, yang mengoperasikan kontrol pesawat melalui sinyal elektronik dan tidak memakai kabel," katanya.

Keuntungan lain yang diperoleh Mandala adalah tingkat efisiensi yang tinggi sehingga berdampak pada penghematan penggunaan bahan bakar serta meningkatkan keselamatan penerbangan karena dilengkapi kontrol dan pemantauan data dengan komputer.

Selain itu, dengan teknologi aerodinamika Airbus dan mesin jenis IAE V2500, membuat A320 dapat beroperasi di bandara manapun dengan panjang landasan pacu minimal 1800 meter.

Mandala mempunyai 17 rute penerbangan di seluruh Indonesia dengan menggunakan pesawat Airbus.
(*)

Pewarta:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009