Banda Aceh (ANTARA News) - Gempa bumi berkekuatan 4,9 Skala Richter (SR) menguncang Kota Banda Aceh dan sekitarnya, sekitar pukul 17.45 WIB, Jumat.

Kepala Stasiun Badan Meteolorogi dan Geofisika (BMG) Mata Ie, Aceh Besar, Syahnan mengatakan guncangan gempa yang terjadi itu hanya dirasakan oleh sebagian masyarkat di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar.

Ia menjelaskan pusat gempa itu berkedalaman 19 Kilometer dan berpusat di 42 kilometer Barat daya kota Banda Aceh pada koordinat 5,17 Lintang Utara (LU)-95,18 Bujur Timur (BT).

Gempa yang menguncang Banda Aceh dan Aceh Besar dapat dirasakan antara 2-3 MMI.

Syahnan mengatakan, hanya sebagian masyarakat Banda Aceh terutama mereka yang dalam posisi duduk atau istirahat merasakan guncangan gempa bumi itu.

Sementara warga yang sedang beraktifitas di luar rumah atau sedang di atas kendaraan bermotor diyakini tidak merasakan guncangan gempa tersebut.

Pantau ANTARA, sejumlah warga yang berada dalam gedung bangunan di Banda Aceh kaget dan berlari keluar dari bangunannya, saat gempa berkekuatan 4,9 menguncang Banda Aceh dan Aceh Besar itu.
(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009