Jakarta (ANTARA News) - KH Hasyim Muzadi telah mengisyaratkan tidak akan maju lagi dalam pemilihan ketua umum PBNU periode berikutnya. Isyarat tersebut disampaikan Hasyim saat menerima beberapa pengurus PBNU yang berkunjung ke kediamannya di Depok, Jawa Barat.

"Bahkan, Pak Hasyim juga pernah menyampaikan tidak akan maju lagi dalam satu pertemuan dengan pengurus NU di Jawa Timur," kata Ketua PBNU Musthofa Zuhad Mughni di Jakarta, Jumat.

Menurutnya, Hasyim juga telah beberapa kali berkomunikasi dengan para kader dan pengurus NU yang lainnya untuk menggantikannya sebagai ketua umum PBNU periode 2010- 2015.

Hasyim sendiri saat peresmian Masjid Al-Hikam II dan peletakan batu pertama pembangunan Pondok Pesantren Al-Hikam II yang didirikannya di dekat rumahnya di Depok, Jumat (17/7) juga mengisyaratkan hal itu. Menurutnya, keinginan itu juga berasal dari keluarganya.

"Keluarga saya sejak beberapa tahun belakangan ini merasa tidak punya ayah," kata Hasyim yang akan menyelesaikan periode kedua kepemimpinannya di NU pada muktamar di Makassar, Januari tahun depan.

Hasyim juga menyatakan akan berkonsentrasi mengajar di Pesantren Al-Hikam, baik yang berada di Depok maupun di Malang, Jawa Timur.

Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam II yang berlokasi di Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji, Depok, tepat di belakang Fakultas Teknik Universitas Indonesia, dipersiapkan untuk menampung 400 santri berlatarbelakang mahasiswa kampus umum.  (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009