Polres Jakarta Barat gelar bakti sosial untuk napi asimilasi

Polres Jakarta Barat gelar bakti sosial untuk napi asimilasi

Polres Metro Jakarta Barat gelar bakti sosial yang ditujukan kepada 372 narapidana bebas secara asimilasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di wilayah Jakara Barat pada Selasa siang. ANTARA/Polres Metro Jakarta Barat/pri.

Sangat disayangkan kami tidak dapat menghadirkan seluruhnya
Jakarta (ANTARA) - Polres Metro Jakarta Barat menggelar kegiatan bakti sosial diikuti 372 narapidana bebas secara asimilasi oleh Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) di wilayah Jakarta Barat, Selasa.

Dalam kegiatan yang digelar di Gedung Siti Mariam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, tersebut Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, di wilayah hukum Polres Metro Jakarta Barat ada sebanyak 372 narapidana yang dibebaskan secara asimilasi.

"Saya mengapresiasi Polres Metro Jakarta Barat yang sudah menggandeng semua narapidana di Jakarta Barat untuk berpartisipasi di masyarakat dan lingkungannya," ujar Nana di Jakarta, Selasa.

Selain mendapatkan bantuan sembako, pada kegiatan tersebut para narapidana asimilasi ini juga diberikan pembinaan.

Baca juga: Ditjen PAS diminta evaluasi kriteria napi program asimilasi

Nana juga berharap para napi asimilasi ini pada akhirnya akan menjadi anggota masyarakat yang berkontribusi positif bagi lingkungannya.

"Di samping memberikan bantuan sosial, ini juga dalam rangka pembinaan sehingga mereka betul-betul insaf dan tidak mengulangi perbuatannya dan mereka menjadi masyarakat yang berkontribusi," ujarnya.

Nantinya, para napi asimilasi ini akan diberdayakan untuk membantu polisi dan masyarakat dalam memberikan pengamanan. Mereka juga akan diajak untuk melakukan patroli bersama aparat kepolisian.

Pada kesempatan yang sama, Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Audie S. Latuheru mengatakan seluruh bantuan sembako yang disiapkan akan disalurkan langsung kepada 372 napi asimilasi yang telah bebas itu.

Baca juga: Polisi tangkap narapidana bebas asimilasi karena Corona

Audie mengatakan kegiatan ini hanya bisa dihadiri oleh 50 orang napi yang menjadi perwakilan dari 372 napi asimilasi di Jakarta Barat.

"Sangat disayangkan kami tidak dapat menghadirkan seluruhnya, ke-372 narapidana tersebut dikarenakan aturan PSBB. Sehingga kami hanya menghadirkan 50 saja," kata Audie.

Meski demikian Audie memastikan seluruhnya akan menerima bantuan tersebut karena akan diantarkan langsung ke rumah masing-masing.

"Sembakonya ini kami pastikan sampai, karena kami akan antar ke rumahnya," ujarnya.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat dan Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jalani asimilasi, 160 napi kembali lakukan kejahatan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar