Stanford, California (ANTARA News/Reuters) - Maria Sharapova melepaskan kekakuannya untuk mengalahkan petenis Jepang Ai Sugiyama 6-4, 6-7, 6-1 pada putaran pertama Stanford Classic, Senin.

Sesama petenis Rusia Elena Dementieva bergabung dengannya pada putaran kedua setelah mengalahkan Anne Keothavong dari Inggris Raya 6-1, 6-4.

Saat tampil kembali setelah menjalani operasi bahu tahun lalu, tiga kali juara grand slam Sharapova, mengakui ia perlu lebih banyak pertandingan untuk mengembalikan performanya.

"Saya punya banyak peluang untuk menyudahi pertandingan dan saya tidak melakukannya. Saya tidak mampu meningkatkan level saya ketika harus melakukannya, tetapi pada set ketiga saya tidak melakukan kesalahan, saya kokoh dan terus melakukan hal yang benar," kata Sharapova yang berperingkat 62 itu.

Setelah memenangi set pertama, Sharapova menyia-nyiakan keunggulan 5-2 pada set kedua dan tidak mampu mempergunakan sebaik-baiknya dua match point saat memimpin 6-4 pada tiebreak, melakukan kesalahan ganda dan melakukan kesalahan backhand.

Pemain Jepang itu maju ke ke depan dengan backhand penentu dan kemudian memenangi tiebreaker 8-6 setelah Sharapova melontarkan backhand ke net.

Akan tetapi, mantan peringkat satu dunia itu berbalik pada set ketiga dengan groundstroke hebat dan pengembalian agresif untuk membuat pertandingan jauh dari jangkauan lawannya yang berusia 34 tahun.

Dementieva mengatakan ia masih menyesuaikan diri akibat "jetlag", tetapi senang dengan permainan dia. Petenis peringkat empat dunia itu sedang membidik gelar AS Terbuka.

"Saya harap ini akan menjadi musim panas yang panjang," kata Dementieva.

"Saya perlu memainkan beberapa pertandingan yang bagus untuk memperoleh kepercayaan diri menuju New York."

Unggulan ketujuh Agnieszka Radwanska dari Polandia juga maju ke babak berikutnya dengan kemenangan 6-0, 6-1 atas petenis Romania Sorana Cirstea.

Unggulan teratas Serena Williams akan masuk lapangan pada Selasa melawan petenis China Li Na sementara kakaknya Venus bertemu petenis wildcard Stephanie Dubois dari Kanada. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009