Jakarta, 28/7 (ANTARA) - World Tourism Day/Hari Pariwisata Dunia (WTD) yang ke-30 akan diperingati pada tahun ini. Perayaan tersebut akan diadakan di salah satu negara anggota UNWTO pertama yaitu Ghana, dengan tema Tourism-Celebrating Diversity/Pariwisata-merayakan Keberagaman.

     Keberagaman merupakan salah satu daya pacu di balik kepariwisataan dan dapat mendorong semua negara untuk berbagi kebersamaan yang menguntungkan, dengan membangun ikatan yang kebih kuat satu sama lain. Tidak diragukan lagi, pariwisata merupakan sarana/katalisator untuk membangun pemahaman, mendorong inklusi sosial, dan meningkatkan kelayakan standar hidup.

     Tipe kesatuan dan kerjasama semakin meningkat sebagaimana dunia bersama-sama menghadapi perubahan iklim dan berusaha menjamin ketahanan pembangunan, khususnya dalam konteks krisis ekonomi saat ini. Kerjasama global memungkinkan terwujudnya respon yang lebih efektif terhadap isu-isu yang kita hadapai bersama.

     Globalisasi harus dipahami sebagai sarana untuk meningkatkan kerjasama ekonomi dan pehamanan global, tetapi tidak dengan memperlemah kekayaan keragaman budaya di dunia ini, dalam hal ini, perjalanan dan pariwisata dapat dan harus berperan penting. Pariwisata memiliki tanggungjawab sosial dalam mempromosikan aspek positif dari globalisasi, pariwisata juga harus mengarahkan jejaring global menuju pembangunan yang seimbang dan berkelanjutan.

     Berbeda dengan sebelumnya, selama beberapa tahun WTD menjadi event/kegiatan terkenal yang dengan sukses mengarah pada pariwisata yang berhubungan dengan masalah-masalah sosio-ekonomi global, budaya, dan politik.

     Saya sangat bahagia untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia tahun ini di benua yang begitu beragamnya seperti Afrika, yang terkenal dengan cara/ide pemantapan kebergamannya melalui pariwisata dan yang selalu berusaha meraih lebih banyak melalui pembangunan pariwisata yang berkalanjutan.

     UNWTO berterimakasih pada Ghana untk menjamu/menjadi tuan rumah dalam event yang penting ini.

     Kami menanti untuk merayakan Hari Pariwisata Dunia bersama anda.

     Taleb Rifai
     Sekretaris Jenderal
     UNWTO

     Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi Surya Dharma, Kepala Pusat Informasi dan Humas, Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2009