Pangkalpinang (ANTARA News) - Kerajinan kain cual merupakan simbol kebudayaan Melayu di Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan.

"Kerajinan kain cual ini adalah kebudayaan lama yang merupakan simbol Melayu yang harus dilestarikan menjadi kerajinan khas masyarakat `Serumpun sebalai ini`," kata Gubernur Babel, Eko Maulana Ali di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, masyarakat Babel hendaknya memiliki kesadaran yang tinggi dalam melestariakn budaya, adat melayu dan simbolnya.

"Kerajinan kain cual ini perlu dilestarikan sebagai kerajinan rakyat yang sudah membudaya secara temurun di Babel," ujarnya.

Menurut Gubernur,kerajinan khas Babel seperti kerajinan kain cual saat ini sudah dikenal masyarakat baik secara nasional dan internasional sehingga pengembangan kerajinan cual harus mendapat perhatian bersama.

"Kain cual Babel telah dikenal dan digunakan desainer-desainer ternama nasional bahkan wisatawan luar negeri pecinta kain pun tidak sedikit menyatakan ketertarikan kain cual Babel sehingga kerajinan kain cual Babel harus terus di dukung agar dapat semakin maju dan berkembang," katanya.

Menurut dia, usaha kain cual Babel bisa menjadi bisnis usaha yang menjanjikan jika dikembangkan secara serius karena mutunya bagus dan harganya yang tinggi pula.

"Melalui pelbagai pengembangan yang tepat, kain cual dapat menjadi usaha yang menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di tengah krisis ekonomi global," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009