Bengkulu (ANTARA News) - Sebanyak 20 Finalis Putri Indonesia Provinsi Bengkulu diperkenalkan cara menyelamatkan orang yang menjadi korban bencana alam oleh tim Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Bengkulu.

"Pihak panitia penyelenggara kontes putri Indonesia menghadirkan 20 finalis putri Indonesia ke acara simulasi evakuasi korban bencana alam TAGANA, agar wawasan para finalis bertambah," kata Novi Ariansyah, salah seorang panitia, di kawasan wisata Pantai Bengkulu, Rabu.

Menurut Novi, ke-20 finalis putri Indonesia itu merupakan wanita-wanita cantik wakil dari 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu yaitu Kabupaten-Kabupaten Bengkulu Utara, Bengkulu Selatan, Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Mukomuko, Seluma, Kaur dan Kota Bengkulu.

Mereka akan menjalani karantina selama lima hari untuk mendapatkan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan tentang Provinsi Bengkulu berikut budaya, adat-istiadat, makanan khas, pakaian khas, kepariwisataan Bengkulu baik alam maupun sejarah.

Hadir pada kegiatan praktek lapangan pembekalan Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Gubernur Bengkulu Agusrisrin M Najamuddin, Kadinkessos Provinsi Bengkulu, Sudoto, Ketua panitia pembekalan Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Helmi AR.

Menurut Helmi, pembekalan Tagana akan berlangsung selama lima hari dari tanggal 26 sampai 30 Juli 2009.

"Yang 70 orang sekaranmg ini merupakan angkatan pertama. Nanti pada bulan Agustus akan dilanjutkan untuk angkatan kedua juga sebanyak 70 orang," katanya.

Peserta TAGANA Angkatan Pertama berasal dari Kota Bengkulu sebanyak 35 orang, Kabupaten Bengkulu Selatan 10 orang, Kabupaten Kaur 10 orang, Kabupaten Seluma sembilan orang dan Kabupaten Kepahiang enam orang.

Sedangkan untuk pembekalan TAGANA angkatan kedua nanti juga 70 orang dengan peserta berasal dari Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Lebong, Kabupaten Mukomuko dan Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Sesudah lebaran nanti, sekitar bulan Sepotember - Oktober 2009 kembali pembekalan bagi tenaga dapur umum bencana alam yang juga akan diikuti oleh 70 peserta dari seluruh 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Dia mengatakan, kini telah dibina sebanyak 836 Taruna Siaga Bencana (TAGANA) se-Provinsi Bengkulu dan kalau ditambahkan dengan Tagana angkatan pertama dan kedua tahun 2009 ini maka jumlah Tagana Provinsi Bengkulu menjadi 976 orang.

Secara nasional, katanya, telah dilaksanakan jambore Tagana di Cibubur diikuti 2500 anggota Tagana se-Indonesia.

"Dalam waktu dekat ini 10000 (sepuluh seribu) TAGANA kembali akan mengikuti jambore Tagana di Cibubur yang akan dihadiri presiden," katanya.(*)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2009