Porsche Perkirakan Rugi Hingga Lima Miliar Euro

Porsche Perkirakan Rugi Hingga Lima Miliar Euro

Mobil Porsche (istimewa)@

Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Produsen mobil sport Jerman, Porsche memperkirakan membukukan rugi sebelum pajak sebanyak-banyaknya lima miliar euro (tujuh miliar dolar AS) dalam tahun fiskal 2008-2009 karena penjualan saham "option" VW, pernyataan yang dikeluarkan oleh Porsche mengatakan pada Rabu.

Porsche sedang dalam "pembicaraan lanjutan" untuk menjual saham option kepada "satu atau beberapa investor" menurut pernyataan yang dikirim kepada otoritas pasar saham sementara dewan pengawas perusahaan bertemu.

Di antara para investor itu adalah perusahaan induk Qatar LLC, Porsche mengatakan dalam sebuah pernyataan terpisah.

Penjualan option sekitar 20 persen dari saham di VW, produsen mobil terbesar Eropa, akan berakibat dalam penurunan nilai aset yang besar pada pembukuan Porsche, kata pembuat mobil itu.

Porsche telah mengakuisisi saham karena berusaha untuk mengambil alih VW yang jauh lebih besar, tetapi operasinya gagal dan VW dan sekarang bergabung dengan Porsche.

Saham di kedua Porsche dan VW cepat terbanting di bursa Frankfurt pada perdagangan sore hari, dengan saham Porsche turun 2,26 persen pada 42,86 euro di perdagangan "over-the-counter" (OTC).

Saham VW kehilangan 3,71 persen menjadi 245,84 euro, sementara indeks Dax di mana mereka telah terdaftar naik 2,19 persen secara keseluruhan.(*)

Pewarta: handr
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2009

Pemprov Babel kirim relawan dan bantuan ke Lebak

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar