Roma (ANTARA News) - Tujuh kali juara dunia Formula Satu (F1) Michael Schumacher akan menggantikan pembalap yang cedera, Felipe Massa, dalam tim Ferrari bila ia lolos dalam pemeriksaan kesehatan, kata tim itu Rabu.

Pembalap dari Jerman itu, kini berusia 40 tahun, pensiun dari kancah balapan F1 pada akhir 2006. Bila semua berjalan dengan baik, maka ia akan tampil lagi untuk pertama kalinya di Valencia, Spanyol, bulan depan.

"Ferrari ingin menampilkan Michael Schumacher di atas kendaraan yang biasanya dinaiki Felipe Massa, selama pembalap Brazil itu belum mampu kembali membalap," kata tim Italia itu dalam pernyataan yang dikutip Reuters.

"Michael Schumacher menyatakan kesediaannya dan dalam beberapa hari ini ia akan menjalani beberapa program khusus dan bila semua berjalan sesuai harapan maka ia akan mengawali balapannya di Eropa Grand Prix pada 23 Agustus," demikian bunyi pernyataan itu.

Perlombaan di tempat itu merupakan salah satu tempat yang tidak biasa bagi Schumacher, sejak sirkuit di Spanyol itu ditambahkan dalam kalender perlombaan mulai musim lalu.

Tampilnya lagi Schumacher dalam tim juara itu merupakan tambahan semangat besar bagi pengelola lomba F1 termasuk pendukung lokal, apalagi pahlawan tuan rumah Fernando Alonso kemungkinan tidak tampil karena tim Renault sedang mendapat hukuman dari FIA.

Penampilan juara dunia itu, sekaligus merupakan yang pertama untuk adu kecepatan bagi pembalap juara dunia saat ini Lewis Hamilton bersama McLaren serta pesaing baru Sebastian Vettel (Red Bull), setelah Schumacher selama dekade lalu mendominasi perlombaan jet darat itu.

Keduanya, Hamilton (24) dan juara Jerman Vettel (22) --yang di negaranya dijuluki "Baby Schumi" -- memasuki ajang perlombaan itu setelah Schumacher meninggalkan medan laga itu, karena mengundurkan diri.



Retak tulang kepala

Ferrari menghubungi pembalap Jerman itu, yang ambil bagian dalam perlombaan sepeda motor sejak ia pensiun, setelah pembalap Brazil Massa mengalami retak tulang kepala dalam kecelaan yang terjadi akhir minggu lalu di Hungarian Grand Prix.

"Saya bicara melalui telepon dengan (tim prinsipal) Stefano Domenicali dan (Presiden Ferrari) Luca de Montezemolo petang ini dan kami memutuskan bersiap menggantikan Felipe," katanya dalam laman pribadi (www.michael-schumacher.de)

"Namun demikian, saya sudah meninggalkan Fromuala Satu beberapa tahun lalu, sehingga saya membutuhkan mengingat kembali situasi lama. Sebagai pembalap, bagi saya, ini merupakan tantangan hebat," katanya.

Schumacher merupakan pembalap paling berhasil dalam lomba Formula Satu, dengan memenangkan 91 perlombaan dan jumlah kemenangan yang melebihi para pembalap lainnya.

Ia memenangkan gelar dunia ketika masih berusia 25 tahun bersama tim Benetton pad 1994, selisih satu poin dengan pembalap Inggris

Damon Hill, dan mempertahankan gelarnya pada musim berikutnya sebelum beralih ke Ferrari pada 1996.

Ia meraih lima gelar berurutan sejak 2000 dan jumlah kemenangannya jauh melebihi rekor sebelumnya yang disandang pembalap Prancis, Alain Prost, dengan hanya 51 kemenangan.

Penampilan kembali Schumacher semula diragukan ketika awal minggu manajernya Willi Weber mengatakan hal itu tidak mungkin.

"Michael tidak akan turun dalam mobil balap di Valencia, ini tidak dapat dipertanyakan," katanya Selasa.

Juara dunia yang sudah pensiun itu juga dinyatakan masih dalam penyembuhan dari sakit leher setelah bertabrakan dalam test sepeda motor di Spanyol pertengahan Februari lalu.(*)

Pewarta: Ricka Oktaviandini
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2009