Roma, (ANTARA News) - Terlahir di Jerman sebagai pribadi yang kokoh,pantang menyerah dan memercayai makna perjuangan dari sirkuit kehidupan,juara dunia F1 tujuh kali Michael Schumacher menusung semangat "Panzer".

Berikut ini data dan fakta juara dunia F1 tujuh kali Michael Schumacher, yang akan kembali tampil menggantikan pembalap Ferrari Felipe Massa yang cedera, bila ia lolos dalam pemeriksaan kesehatan, demikian dikutip dari Reuters.

* Lahir 3 Januari 1969 di Huerth-Hermuelheim, Jerman

GRAND PRIX PERTAMA

* Schumacher mengikuti perlombaan grand prix pertama kali bersama Jordan di Belgia pada 1991, sebagai pengganti pembalap Belgia Bertrand

Gachot. Walau pun hanya menyelesaikan 500 meter dalam balapan itu, tetapi ia amat mengesankan.

* Diincar Benetton setelah debutnya itu dan meraih poin pada penampilannya yang kedua ketika berada di urutan kelima di Italia.

* Mexico sebagai tempat podium pertama dalam karir Schumacher pada 1992 dan merupakan kemenangan pertama menyusul tahun itu juga di Belgi. Namun ia menunggu hingga berada di Monaco pada 1994 untuk mendapatkan posisi pole pertama.

* Memenangkan gelar pertama dari tujuh gelar dunia yang diraihnya pada 1994 dan meneruskannya pada 1995 (juga bersama Benetton) dan 2000, 2001, 2002, 2003, 2004 (bersama Ferrari).

* Ia mundur pada akhir musim lomba 2006.

KONTROVERSI

* Karirnya diserta masalah kontroversial namun juga disebut sebagai pembalap brilian, ketika ia bertabrakan dengan pembalap Inggris Damon Hill untuk meraih gelar pada 1994 dan mencoba menekan pembalap Kanada Jacques Villeneuve agar keluar dari lintasan pada penentuan juara balapan musim 1997.

* Pada sesi kualifikasi Monaco Grand Prix 2006, pembalap Jerman menghentikan kendaraannya di ujung lintasan, sehingga memblok saingannya Fernando Alonso, yang saat itu tampil tercepat pada salah satu putaran. Schumacher akhirnya ditempatkan di bagian belakang posisi grid.

BERLIMPAH REKOR

* Schumacher merupakan satu-satunya pembalap yang memenangkan perlombaan Formula Satu sebanyak tujuh kali dan ia memiliki rekor paling berarti dalam kancah perlombaan jenis olahraga itu.

* Pada 2002 ia mengakhiri setiap perlombaan di atas podium, memenangkan gelar dunia dengan sisa enam perlombaan lagi--merupakan perlombaan paling cepat dalam kejuaraan F1.

* Pada 2004, ketika Ferrari mendominasi, ia membuat rekor kemenangan 13 lomba dalam satu musim dan menang untuk ketujuh kalinya secara berurutan, sehingga berhak atas rekor.

* Schumacher menang perlombaan 91 kali, satu lomba lebih banyak dari gabungan perlombaan yang diikuti dua pembalap yang sukses, Alain Prost dan Ayrton Senna.

KEMBALI KE F1

* Spekulasi media menyatakan Schumacher akan kembali berlaga di perlombaan F1 setelah pembalap Ferrari Felipe Massa dari Brazil mengalami kecelakaan pada babak kualifikasi minggu lalu di Hungaria Grand Prix.

* Rabu, tim Italia itu menyatakan Schumacher akan kembali beraksi di Eropa Grand Prix di Valencia, Spanyol, bulan depan bila ia lolos dalam pemeriksaan kesehatan.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009