Beijing, (ANTARA News) - Persatuan Sepak Bola China menjatuhkan sanksi atas 10 pemain tim kota Tianji karena menyerang wasit dalam pertandingan di Pesta Olahraga Nasional China baru-baru ini, termasuk satu orang yang dihukum seumur hidup.

Insiden tersebut terjadi hari Minggu lalu ketika tim kota Tianjin kalah 1-3 dari Beijing pada pertandingan babak penyisihan cabang sepak bola dalam event empat tahunan itu.

Dari 10 pemain itu, striker Zhao Shitong diganjar skorsing seumur hidup karena mengejar wasit He Zhibiao dan memukulnya hingga jatuh.

Enam pemain diskorsing sedikitnya dua tahun, sisanya skorsing untuk lima hingga 10 pertandingan, kata persatuan sepak bola China.

Para pemain sepak bola yang ikut dalam pesta olahraga nasional China umumnya para pemain muda lapis kedua yang mencoba masuk ke liga profesional.

Tayangan televisi menunjukkan polisi dan petugas olahraga mencoba melindungi wasit dari serangan pemain.

Sepak bola di China seringkali ternoda oleh buruknya kepemimpinan wasit, korupsi dan pemain yang temperamental, namun pejabat sepak bola di sana telah bertekad untuk membuat sebuah kompetisi liga yang bisa menyaingi Liga Inggris dalam 10-15 tahun ke depan, demikian dikutip dari Reuters.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009