Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengumpulkan seluruh lembaga pengawas instansi pemerintah pusat dan daerah untuk membahas berbagai upaya pemberantasan korupsi, kata Wakil Ketua KPK Haryono Umar di Jakarta, Jumat.

"Kita akan tunjukkan kepada mereka bahwa pengawas internal memiliki peranan yang sangat strategis dalam rangka pemberantasan korupsi," kata Haryono.

Pengawas internal yang dimaksud adalah jajaran inspektorat jenderal di setiap departemen, kementerian, dan lembaga di tingkat pusat.

Selain itu, KPK juga akan mengundang berbagai lembaga pengawasan instansi pemerintah di tingkat daerah.

Pertemuan itu rencananya akan digelar di Jakarta pada bulan Agustus 2009.

Menurut Haryono, instansi pengawas belum berperan sebagaimana mestinya. Bahkan, beberapa instansi pengawas bersikap apatis terhadap praktik melawan hukum.

Selain itu, Haryono menjalskan, instansi pengawas kurang bertindak cepat dalam mengantisipasi kemungkinan timbulnya tindak pidana korupsi.

Beberapa instansi pengawasan baru melakukan pengawasan setelah sebuah instansi menggunakan keuangan negara. Bahkan beberapa dari mereka baru melakukan pengawasan setelah terjadi tindak pidana korupsi.

"Seharusnya mulai mengawasi sejak proses perencanaan," kata Haryono.

Haryono juga berharap agar instansi pengawas tidak perlu ragu untuk melakukan pengawasan, walaupun melibatkan pimpinan instansi tersebut.

"Budaya `ewuh pekewuh` harus dihilangkan," kata Haryono menambahkan.

Setelah menemukan indikasi pelanggaran, instansi pengawas juga harus segera melaporkan hal itu kepada aparat penegak hukum.

Haryono menegaskan, penegakan hukum akan berjalan baik jika fungsi pengawasan di setiap instansi dilakukan secara maksimal.(*)

Pewarta: Luki Satrio
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009