Jayapura (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan hujan disertai kilat dan angin kencang di sejumlah daerah sepanjang Sabtu hingga Senin (3/8).

BMKG yang prakiraannya dipantau di Jayapura, Sabtu pagi menyebutkan, daerah-daerah yang berpeluang terjadinya hal tersebut adalah Papua bagian barat, utara dan tengah, Maluku bagian tengah serta Sulawesi bagian tengah dan tenggara.

Selain itu juga terjadi di pesisir barat Sumatera, Sumatera bagian tengah, barat dan selatan, Kalimantan bagian selatan dan timur serta Jawa bagian barat.

Adapun prakiraan cuaca hari ini hingga Minggu (2/8) menunjukkan sebagian daerah di Papua akan mengalami kondisi berawan dengan suhu rata-rata 23 - 30 derajat selsius.

Di Sorong, cuaca berawan berpeluang terjadi dengan suhu minimum 23 dan maksimum 30 derajat. Kondisi yang sama juga mungkin terjadi Manokwari dan Merauke.

Sementara itu, cuaca berawan di Biak bersuhu antara 28 hingga 30 derajat.

Sedangkan di Jayapura, kemungkinan akan turun hujan ringan dengan suhu 24 - 33 derajat selsius.

Prakiraan curah hujan di sebagian besar daerah di Papua sepanjang Agustus menunjukkan 51 - 150 mm yang termasuk rendah hingga menengah.

Sementara sifat hujan di Papua memperlihatkan kondisi di bawah normal dengan prosentase 0 - 84 persen.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009