Chicago (ANTARA News/AFP) - Ford Motor Co, Senin, melaporkan peningkatan 2,3 persen dalam penjualan mobil pada Juli, sebuah tanda bahwa pasar mobil AS yang pincang telah pulih dengan bantuan pendanaan pemerintah melalui program "trade-in" (tukar tanbah) mobil.

Itu adalah bulan pertama Ford mencatat sebuah kenaikan tahun-ke-tahun sejak November 2007 dan seluruh industri telah terpukul oleh hampir setahun kerugian dua digit, kata produsen otomotif.

Ford mengatakan, penjualan ritel pada merek intinya - Ford, Lincoln dan Mercury - naik sembilan persen menjadi 118.197 kendaraan.

Total penjualan, termasuk Volvo dan penjualan armadamargin rendah, meningkat 2,3 persen menjadi 158.838.

Ford mengaitkan keberhasilannya, dengan program sangat populer "Cash for Clunkers" yang menghabiskan satu miliar dolar AS dalam minggu pertama setelah memicu penjualan sekitar 200.000 kendaraan.

"Produk kami, dealer kami dan kami muka kami untuk persiapan diaktifkan pengumpilan program dan mengarahkan lalu lintas dan penjualan ke tingkat lain," kata Ken Czubay, Vice President Ford, US Pemasaran, Penjualan dan Layanan.

"Kami mencapai penjualan yang meningkat meskipun kami mengalami penurunan pengeluaran insentif dalam lingkungan yang semakin kompetitif," kata Ken Czubay, wakil presiden Ford, Pemasaran AS, Penjualan dan Layanan.

Program ini mendapat dukungan segar DPR AS pada Jumat, saat para pembuat undang-undang memilih untuk meningkatkan pendanaan program tersebut sebesar dua miliar dolar AS, tetapi sekarang harus mendapatkan persetujuan dari Senat.

Kenaikan penjualan menandai sebuah data lebih optimis dari Ford, satu-satunya anggota dari tiga produsen otomotif Detroit yang terhindar dari kebangkrutan.

Pada 23 Juli Ford mengumumkan telah berayun kembali ke dalam profitabilitas di kuartal kedua.

Perusahaan mencatat laba bersih 2,3 miliar dolar AS antara April dan Juni, karena pemotongan biaya dan restrukturisasi utang 3,4 miliar dolar AS.

Keuntungan itu dibandingkan dengan kerugian 8,7 miliar dolar AS pada periode yang sama tahun lalu.

Produsen otomotif menyatakan telah berhasil meningkatkan pangsa pasar di semua daerah pada kuartal kedua, termasuk kenaikan dua poin menjadi 16,4 persen dari pasar utama AS.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009