Jakarta, (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan secara semarak Hari Ulang Tahun ke-64 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2009 setelah rangkaian Pemilu 2009.

Menurut Presiden dalam sambutannya pada pembukaan silaturahmi nasional raja dan nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat, kali ini Bangsa Indonesia harus dimeriahkan dengan satu jenis bendera merah putih setelah sepanjang tahun diramaikan oleh berbagai jenis dan warna bendera.

"Sudah setahun negeri ini dipenuhi spanduk dan bendera dengan warna berbeda. Saatnya tiba proklamasi kemerdekaan ini dimeriakan dengan warna merah putih yang berkibar di Indonesia," ujarnya.

Untuk itu, Presiden meminta hari jadi Indonesia yang ke-64 pada 17 Agustus 2009 dirayakan bersama secara semarak dan mengaktifkan kembali segala jenis perlombaan dan atraksi yang selama ini sudah jarang digelar.

"Betul-betul mari kita meriahkan perayaan 17 Agustus lebih meriah lagi, mengingat dalam satu tahun ada perbedaan di antara kita, seperti perbedan partai politik," ujarnya.

Presiden dalam acara itu kembali menyampaikan rasa syukurnya atas rangkaian Pemilu 2009 yang telah berjalan dalam suasana aman dan damai tanpa ada kekerasan yang berarti.

Dalam pidatonya, Presiden juga menyinggung cara menyelesaikan masalah dan perbedaan tanpa jalan kekerasan yang merupakan ciri dari bangsa beradab.(*)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009