Hyderabad, India (ANTARA News) - Pebulu tangkis tunggal putra, Sony Dwi Kuncoro, akan mengawali perjuangannya merebut gelar pada pertandingan babak penyisihan hari pertama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2009 di Hyderabad, India, Senin.

Pada laga yang berlangsung di BMC Bayalogi Indoor Stadium Gachibowli, Sony Dwi Kuncoro yang menempati unggulan ke-6, akan mendapat ujian dari pemain tidak terkenal asal Austria, Michael Lahnsteiner.

"Saya yakin bisa mengatasi dia meskipun tidak pernah ketemu sebelumnya," kata finalis kejuaraan dunia 2007 tersebut.

Selain tunggal putra, unggulan ke-15, Maria Kristin Yulianti juga ditantang pebulu tangkis Eropa yang berperingkat jauh di bawahnya, Sophia Hansson (Swedia).

Sementara ganda putra Yonathan Suryatama Dasuki/Rian Sukmawan yang pada kejuaraan ini diunggulkan pada posisi ke-11, dijajal kekuatannya oleh pasangan China, Biao Chai/Xiaolong Liu.

Begitu pula, pasangan ganda campuran Devin Lahardi Fitriawan/Lita Nurlita akan mencoba mengatasi hadangan pertama dari duet asal Belgia, Wouter Claes/Nathalie Descamps.

Pemain Indonesia lainnya, seperti Taufik Hidayat, Simon Santoso, Nova Widianto/Lilyana Natsir, dan ganda putri, menurut jadwal baru akan turun ke lapangan, Selasa (11/8).

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PB PBSI), Lius Pongoh, mengingatkan para pemain mengenai tiupan angin yang lumayan kencang dari saluran pendingin ruangan, yang dikhawatirkan bisa mengganggu permainan.

"Namun, dalam latihan dua hari terakhir, anak-anak sudah tahu kondisi itu, dan saya yakin mereka bisa mengatasi," katanya optimistis. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009