Semarang (ANTARA News) - Pengangguran terbuka di Jawa Tengah (Jateng) pada 2009 mencapai 1,23 juta orang atau 7,9 persen dari total orang yang bekerja yang mencapai 15,46 juta orang.

"Jumlah angkatan kerja di Jateng sebanyak 16,69 juta orang, 15,46 juta orang bekerja dan sisanya 1,23 juta orang pengangguran terbuka," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Kependudukan Jateng Siswo Laksono di Semarang, Selasa.

Untuk tahun 2008, jumlah pencari kerja tercatat 689.415 orang, sementara lowongan yang tersedia ada 92.357 buah. Kemudian jumlah pencari kerja yang dapat ditempatkan sebanyak 54.666 orang atau 59,19 persen.

Siswo mengatakan, segala upaya telah dilakukan untuk mengatasi pengangguran, namun masih belum menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Laju peningkatan kesempatan kerja, lanjut Siswo, tidak sebanding dengan laju peningkatan pencari kerja dan kesempatan kerja yang tersedia pun tidak dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Menurutnya, banyak kesempatan kerja yang tidak dapat dipenuhi, di antaranya karena informasi lowongan kerja tidak tersampaikan dengan baik.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pencari kerja, Pemerintah Provinsi Jateng telah menempuh upaya-upaya seperti pameran bursa kerja. (*)

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009