Tangerang, (ANTARA News) - Darah hasil donor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tangerang, Banten dari ratusan pendonor mengandung berbagai penyakit, umumnya terinfeksi penyakit sipilis.

"Banyak hasil donor darah PMI Tangerang tercemar penyakit sipilis," ujar Kepala unit transfusi darah PMI Kabupaten Tangerang, Ir Firdaus di Tangerang, Jumat.

Firdaus mengungkapkan, dari 250 kantong darah yang dalam setiap bulannya diambil oleh PMI dari para pendonor darah, sebagian diantaranya tercemar hepatitis B, hepatitis C, human immunodeficiency virus (HIV).

"Umumnya pendonor lebih banyak yang menderita penyakit sipilis, setelah kita mengecek masing-masing kantong darah dari penyumbang darah," jelas Firdaus.

Dia menjelaskan, darah kantong pendonor yang mengandung penyakit menular seperti sipilis sangat membahayakan bagi pencari donor darah.

"Kategori kantong donor darah yang terinfeksi penyakit sipilis dari golongan darah A, O, dan AB," tandasnya.

Ia mengungkapkan, kantong donor darah yang dinilai bisa menyebabkan penularan bagi pencari donor darah telah dimusnahkan, mengingat sangat membahayakan bagi pencari donor.(*)

 

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2009